Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korea Selatan Perkirakan Korea Utara Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua Hari Ini

Korea Selatan (Korsel) meyakini bahwa Korea Utara (Korut) akan segera menguji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) paling cepat pada Senin (14/3/2022).
Rudal balistik Korea Utara/reuters
Rudal balistik Korea Utara/reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor Kepresidenan Korea Selatan (Korsel) meyakini bahwa Korea Utara (Korut) akan segera menguji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) paling cepat pada Senin (14/3/2022).

Hal itu diberitakan media lokal Korsel yang mengutip seorang narasumber yang tidak disebutkan namanya.

Ketegangan di semenanjung Korea telah meningkat di tengah tanda-tanda yang berkembang bahwa Pyongyang akan segera menindaklanjuti ancamannya untuk memulai kembali pengujian ICBM, sebuah pelanggar terhadap moratorium 2017 yang diberlakukannya sendiri.

Kantor Presiden Korsel Moon Jae-in, yang akan habis masa jabatannya, telah memberi tahu presiden terpilih Yoon Suk-yeol bahwa peluncuran uji coba rudal Korut sudah dekat dan tidak akan mengejutkan jika itu terjadi pada Senin, menurut laporan surat kabar Chosun Ilbo.

Komentar tentang kemungkinan uji coba rudal Korut itu disampaikan ketika penasihat keamanan nasional Korsel, Suh Hoon, pada Sabtu (12/3/2022) memberi tahu Yoon tentang berbagai kebijakan luar negeri dan masalah keamanan, kata Chosun Ilbo.

Surat kabar itu mengutip seorang pejabat, yang tidak disebutkan namanya, dari kantor presiden terpilih Yoon.

"(Uji coba rudal) ini sangat dekat sehingga tidak mengherankan jika mereka (Korut) melakukannya pada Senin. Kami menanggapi situasi ini dengan serius," kata laporan surat kabar itu mengutip Suh.

Juru bicara kantor Presiden Moon mengatakan Suh telah memberi penjelasan kepada Yoon tentang gerakan Korut baru-baru ini, termasuk peluncuran rudal belakangan ini dan juga tentang krisis Ukraina. Namun, jubir kantor itu menolak mengomentari berita Chosun Ilbo.

Juru bicara Yoon, Kim Eun-hye, mengatakan kepada Reuters mungkin ada berbagai pengarahan tertutup untuk presiden terpilih tetapi tidak mengonfirmasi rincian tentang masalah keamanan yang dibahas.

Dalam pengumuman bersama yang jarang terjadi, Amerika Serikat dan Korsel pada Jumat (11/3/2022) mengatakan bahwa Korut menggunakan ICBM terbesar yang pernah ada dalam dua peluncuran rudal baru-baru ini. Korut melakukan itu dengan kedok persiapan peluncuran satelit.

Sistem rudal Korut, yang dikenal sebagai Hwasong-17, diresmikan pada parade militer di Pyongyang pada 2020 dan muncul kembali di pameran pertahanan pada Oktober 2021.

Yoon, yang terpilih sebagai presiden Korsel pekan lalu, telah mengisyaratkan sikap keras terhadap Pyongyang.

Meski tetap terbuka untuk memulai kembali pembicaraan denuklirisasi Korut yang terhenti, dia mengatakan serangan pendahuluan mungkin diperlukan untuk melawan serangan rudal Korut yang akan segera terjadi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper