Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prosesi Kendi Nusantara, Anies Gubernur Pertama yang Serahkan Tanah dan Air

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi gubernur pertama yang menyerahkan tanah dan air dalam prosesi Kendi Nusantara di IKN Nusantara yang dipimpin Presiden Jokowi.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 14 Maret 2022  |  09:20 WIB
Prosesi Kendi Nusantara, Anies Gubernur Pertama yang Serahkan Tanah dan Air
Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam prosesi penyatuan air dan tanah dari seluruh provinsi di Indonesia atau Kendi Nusantara di kawasan titik nol kilometer IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (14 Maret 2022) / Youtube Setpres.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi atau prosesi Kendi Nusantara di, Kawasan Titik Nol kilometer IKN Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dipantau melalui YouTube Setpres, Senin (14/3/2022), para gubernur membawakan air dan tanah yang dari wilayahnya masing-masing untuk nantinya disatukan ke dalam gentong besar yang disebut Kendi Nusantara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi gubernur pertama yang menyerahkan air dan tanah dalam prosesi tersebut dan dilanjutkan dengan gubernur-gubernur lainnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memilih untuk membawa tanah dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Tanah tersebut diambil langsung oleh ibu-ibu yang tinggal di Kampung Akuarium.

“Pagi ini (Minggu 13/3/2022), rakyat kebanyakan yaitu ibu-ibu warga Kampung Aquarium, di pesisir Jakarta Utara mencangkul dan mengumpulkan tanah untuk dibawa oleh Gubernur DKI Jakarta ke IKN,” kata Anies dikutip dari Facebook pribadinya, Minggu (13/3/2022).

Anies menjelaskan bahwa setiap gubernur ditugaskan untuk membawa tanah dan air dari provinsinya. Kemarin, para kepala daerah bersama-sama telah menuju ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Tanah dari Kampung Akuarium menghadirkan harapan bahwa pembangunan kota baru yang akan dijadikan ibu kota ini hendaknya tidak memarjinalkan rakyat kecil dan justru nyata-nyata akan memberikan kemajuan dan kebahagiaan bagi semua, khususnya rakyat kebanyakan,” ujarnya.

Anies menuturkan bahwa kembalinya kehidupan masyarakat di Kampung Akuarium menjadi simbol atas kembalinya kita kepada cita-cita dasar pendirian republik ini, yaitu untuk melindungi setiap tumpah darah dan untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Tanah yang dicangkul oleh para Ibu ini diantarkan ke lahan yang kelak akan dibangun kota baru, yang kelak menjadi ibu kota, yang diharapkan jadi kota yang mencerminkan cita-cita mendasar atas republik ini,” ucapnya.

Adapun, prosesi penyatuan tanah dan air merupakan simbol penyatuan dan dukungan seluruh daerah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Kenapa tanah dan air? Tentunya adalah kita adalah negara Nusantara yang dari ujung Aceh sampai Papua dan kearifan lokal itu berbeda-beda, dituangkan di dalam sebuah simbolis tanah dan simbolis air dijadikan satu menjadi kalimat Tanah Air. Kira-kira seperti itu. Para gubernur sudah melakukan prosesi itu di masing-masing tempatnya dan puncaknya nanti besok bersama Bapak Presiden,” kata Kasetpres Heru Budi Hartono melalui keterangan resmi, Minggu (14/3/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Anies Baswedan nusantara IKN ibu kota negara
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top