Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UPDATE Situasi Militer Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-14: Ini Kondisi Kota-Kota yang Digempur Rusia 

Berikut situasi update militer perang Rusia vs Ukraina hari ke-14, khususnya di kota-kota yang digempur oleh tentara Rusia. 
Sebuah pengangkut personel lapis baja Rusia terbakar di tengah kendaraan utilitas ringan yang rusak dan ditinggalkan setelah pertempuran di Kharkiv, Ukraina/Aljazeera-AP
Sebuah pengangkut personel lapis baja Rusia terbakar di tengah kendaraan utilitas ringan yang rusak dan ditinggalkan setelah pertempuran di Kharkiv, Ukraina/Aljazeera-AP

Bisnis.com, JAKARTA – Situasi militer perang Rusia vs Ukraina pada hari ke-14 diwarnai gencatan senjata yang dilakukan oleh kedua negara. Rusia dan Ukraina berupaya mengutamakan koridor kemanusian untuk mengevakuasi masyarakat sipil di daerah yang menerapkan gencatan senjata.

Dilansir dari Militaryland, Rabu (09/3/22) pasukan Rusia sudah mengambil alih beberapa wilayah dari Ukraina. Berikut situasi militer di kota-kota yang dibombardir oleh tentara Rusia. 

UPDATE Situasi Militer Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-14

Garis Depan Polandia

• Daerah Kiev

Di tepi kanan Dnieper, dipastikan pasukan Rusia mengendalikan Borodianka, Kopyliv, Demydiv dan mereka juga masuk ke Bucha. Meskipun kerugian besar dalam tenaga dan peralatan, pasukan Rusia mampu menangkap Yasnohorodka.
Di tepi kiri, pasukan Rusia memasuki Bohdanivka dan mengatur posisi di jalan raya M-01 (Kyiv – Chernihiv).

• Daerah Zhytomyr

Serangan lain dilaporkan di dekat Zhytomyr, tetapi belum ada rincian yang dipublikasikan.

Garis Depan Utara

• Daerah Chernihiv

Pasukan Rusia mencoba menyerang kota dari timur, tetapi pertahanan Ukraina menangkis serangan itu.

• Daerah Sumy

Pesawat-pesawat Rusia mengebom daerah pemukiman Sumy dan Okhtyrka. Serangan udara di Sumy menewaskan 21 orang. Pasukan Ukraina menyerang sebuah desa kecil Kharkivshchyna (selatan Sumi) dan membunuh beberapa tentara Rusia.
Koridor kemanusiaan telah dibuka hari ini dan warga sipil dapat meninggalkan Sumy. Sekitar 3.500 warga sipil menggunakan kesempatan ini.

UPDATE Situasi Militer Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-14: Ini Kondisi Kota-Kota yang Digempur Rusia 

Garis Depan Sloboda

• Daerah Kharkiv

Sebuah kelompok penyerang Rusia yang terdiri dari sekitar 120 tentara mendarat di distrik Vovchansky dengan tiga helikopter dan mencoba memasuki kota. Tanggapan Ukraina cepat dan, bersama dengan Unit Pertahanan Teritorial, mereka menangkis serangan itu.
Selusin tentara Rusia tewas, sisanya mundur menuju perbatasan Rusia.

Musuh terus menembaki kota. Situasi sulit tetap ada di Izium. Pasukan Rusia berusaha merebut kota itu, tetapi pasukan Ukraina menangkis serangan itu. Kota ini tanpa makanan, air, gas, dan panas.

• Daerah Luhansk

Elemen-elemen canggih Rusia mencapai Izium dan Rubizhne, tetapi kedua kota itu tetap berada di bawah kendali Ukraina. Sievierodonetsk dan Lysychansk sedang dikepung.

Garis Depan Pryazovia

• Daerah Donetsk

Pasukan Rusia dilaporkan merebut Novotroitske, Volnovakha dan mencapai Staryi Krym dari utara.

• Daerah Zaporizhzhia

Pasukan Rusia terus menyusun kembali pasukannya di dekat Vasylivka dan Tokmak. Tidak ada keuntungan atau kerugian yang dilaporkan dari area ini.

Garis Depan Selatan

• Daerah Mykolaiv

Malam itu relatif sepi. Pasukan Rusia dilaporkan sedang mempersiapkan serangan skala besar di Mykolaiv. Pasukan Ukraina mendirikan pos pemeriksaan tambahan, benteng dan siap untuk mempertahankan kota. Bala bantuan tambahan Ukraina tiba di kota pada siang hari dan ada pembicaraan tentang kemungkinan serangan balasan terhadap Kherson.

• Daerah Kherson

Penduduk Kherson kembali turun ke jalan untuk memprotes pendudukan Rusia. Tidak ada aksi militer yang dilaporkan dari daerah ini.

• Mariupol 

Pasukan Ukraina harus membongkar benteng dan ranjau jalan utama untuk memungkinkan evakuasi warga sipil dari Mariupol. Pasukan Rusia menggunakan kesempatan ini dan menyerang kota dari Stary Krym dan mencapai pinggiran Mariupol.

Di barat, pasukan Rusia merebut Manhush dan mendorong di sepanjang Laut Azov ke Pokrovske. Manuver itu menempatkan pasukan Ukraina yang ditempatkan di lapangan terbang Mariupol dalam risiko dikepung. Evakuasi warga sipil yang direncanakan tidak terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper