Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ngeri! Foto Satelit Tampilkan Konvoi Militer Rusia Menuju Kiev, Ukraina

Gambar satelit yang ditampilkan Maxar Technologies pada Minggu (27/2) menunjukkan bahwa pasukan darat Rusia melakukan konvoi besar di Ivankiv, Ukraina.
Citra satelit menunjukkan pasukan darat Rusia di timur laut Ivankiv menuju ke arah Kiev, Ukraina, 27 Februari 2022. Citra satelit  2022 Maxar Technologies/Handout via REUTERS
Citra satelit menunjukkan pasukan darat Rusia di timur laut Ivankiv menuju ke arah Kiev, Ukraina, 27 Februari 2022. Citra satelit 2022 Maxar Technologies/Handout via REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Gambar satelit yang ditampilkan Maxar Technologies pada Minggu (27/2) menunjukkan bahwa pasukan darat Rusia melakukan konvoi besar di Ivankiv, Ukraina.

Dari Maxar, konvoi meluas lebih dari 3,25 mil dan bergerak ke arah Kiev yang berjarak sekitar 40 mil dari lokasi yang difoto. Ada ratusan kendaraan militer dalam konvoi, termasuk tank dan artileri self-propelled.

Walikota Kiev Vitali Klitschko kepada The Associated Press (AP) Minggu (27/2) mengatakan bahwa pasukan Rusia telah mengepung ibu kota sehingga sulit untuk mengevakuasi warga sipil. Sembilan warga sipil di Kiev telah tewas sejauh ini, termasuk satu anak.

Seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan bahwa pada hari itu tidak ada indikasi militer Rusia telah mengambil alih kota mana pun dan Ukraina melakukan perjuangan untuk mempertahankan negara mereka.

“Mereka [Rusia] terus menghadapi perlawanan keras. kami terus mengamati bahwa mereka mengalami kekurangan bahan bakar dan logistik,” kata pejabat itu dikutip dari militarytimes.com, Senin (27/2/2022).

Maxar melaporkan konvoi yang difoto di Ivankiv juga membawa sistem bahan bakar dan logistik. Terlihat pula kerusakan di bandara Antonov di Hostomel, Ukraina yang berjarak sekitar 4 mil (6,5 km) dari Kiev.

Asap hitam masih mengepul ke langit saat gambar diambil. Kerusakan itu disebabkan oleh serangan udara baru-baru ini dan pertempuran sengit di dalam dan dekat bandara.

Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pasukan nuklir dalam siaga tinggi. Artinya, senjata nuklir berada dalam kondisi kesiapan yang meningkat untuk diluncurkan.

“Kami berada di hari keempat. Yang masih awal, tetapi mereka belum mencapai apa yang kami yakini ingin mereka capai pada hari keempat,” kata seorang pejabat senior pertahanan AS tentang invasi.

Pejabat itu menambahkan AS tidak akan mengungkapkan tingkat siaga nuklirnya saat ini. Akan tetapi militer siap setiap saat untuk mempertahankan tanah air dan sekutunya.

Putin mengirim pasukan ke Ukraina Kamis (24/2) setelah mengumpulkan lebih dari 150.000 tentara di sepanjang perbatasan utara, timur dan selatan negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper