Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Viral Ghost of Kyiv, Sosok Pilot Ukraina Dikabarkan Tembak Jatuh Enam Pesawat Rusia

Di tengah serangan Rusia atas Ukraina sejak Kamis (24/2/2022), muncul sosok pilot pesawat MiG-29 Fulcrum yang dikabarkan menembak jatuh enam pesawat Rusia saat menyerang Kota Kyiv.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 26 Februari 2022  |  18:29 WIB
Anggota pasukan Ukraina berpartisipasi dalam latihan pertempuran perkotaan, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Ukraina, di wilayah kota yang ditinggalkan di Pripyat, Ukraina, Jumat (4/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope
Anggota pasukan Ukraina berpartisipasi dalam latihan pertempuran perkotaan, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Ukraina, di wilayah kota yang ditinggalkan di Pripyat, Ukraina, Jumat (4/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah serangan Rusia atas Ukraina sejak Kamis (24/2/2022), muncul sosok pilot pesawat MiG-29 Fulcrum yang dikabarkan menembak jatuh enam pesawat Rusia saat menyerang Kota Kyiv pada 24 Februari 2022.

Siapakah sosok Ghost of Kyiv itu, dan apakah sosoknya nyata?

Dikutip dari Newsweek.com, Jumat (25/2/2022) dan Wikipedia, Sabtu (26/2/2022), bahwa seorang pilot pesawat tempur MiG-29 Ukraina yang belum dikonfirmasi—dijuluki "Ghost of Kyiv" oleh pengguna media sosial—telah menjadi viral karena beberapa klaim menjatuhkan beberapa jet Rusia.

Pengguna media sosial pada Jumat (25/2/2022) membagikan klip yang diduga menunjukkan jet MiG-29 melayang di langit di beberapa kota di Ukraina.

Banyak yang menyebut pilot misterius itu sebagai pahlawan dan "Ace Eropa pertama sejak Perang Dunia II."

Tapi "Ghost of Kyiv" kemungkinan besar tidak nyata, melainkan pahlawan imajiner yang dirancang untuk meningkatkan moral Ukraina dalam menghadapi invasi Rusia.

"Tolong Ghost of Kyiv menjadi nyata," tulis pengguna Twitter Jason Calacanis yang berbagi klip sembilan detik memperlihatkan jet tempur MiG-29 terbang melewati daerah pemukiman di kota Ukraina.

"Saya memohon media besar untuk melaporkan apakah 'The Ghost of Kyiv' benar-benar ada—seolah-olah benar bahwa hari ini seorang pilot pesawat tempur Ukraina yang heroik dengan seorang diri menjatuhkan *6* jet Rusia, jagoan terbang ini segera menjadi simbol yang menggugah Perlawanan Ukraina terhadap kejahatan perang Putin," cuit penulis dan pengacara Seth Abramson.

Abramson membagikan gambar yang diduga menunjukkan "Ghost of Kyiv" menerbangkan MiG-29 tua yang dia ambil dari video yang beredar luas.

Jika Ace memang ada, mereka akan menjadi Ace petarung pertama yang tercatat di abad ke-21. Untuk diketahui sebutan Ace ditujukan bagi seorang pilot yang menembak jatuh lima pesawat musuh.

Kementerian Pertahanan Ukraina mengklaim bahwa, jika penembakan itu dikonfirmasi, Ghost of Kyiv bisa menjadi salah satu dari lusinan pilot cadangan militer berpengalaman yang segera kembali ke Angkatan Bersenjata Ukraina setelah Rusia menyerbu.

Dalam suatu cuitan disebut ‘Ghost of Kyiv’ sebagai "pembalas udara".

Namun, Panglima Tertinggi Valerii Zaluzhnyi mengatakan bahwa dia hanya bisa mengonfirmasi enam pesawat Rusia yang jatuh pada hari pertama pertempuran di Ukraina.

Seorang mantan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, kemudian mengunggah tweet foto pilot pesawat tempur, dan mengklaim itu sebagai ‘Ghost of Kyiv’ yang menurut Poroshenko nyata.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top