Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Maksud Winter is Coming, Ujaran Jokowi yang Jadi Kenyataan

Jokowi mengatakan ujaran winter is coming yang diucapkannya beberapa tahun lalu benar-benar terjadi saat ini.
Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi Climate Adaptation Summit (KTT CAS) 2021, pada Senin (25/1/2021)./Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi Climate Adaptation Summit (KTT CAS) 2021, pada Senin (25/1/2021)./Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali menyinggung soal winter is coming saat menyampaikan sambutan dalam Pertemuan Tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral atau Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (FMCBG) Jalur Keuangan Presidensi G20 Indonesia pada Kamis (17/2/2022).

Jokowi sebelumnya pernah menyampaikan terkait winter is coming pada pertemuan tahunan IMF-World Bank di Bali pada 2018. Dia tak pernah menyangka bahwa pernyaannya saat itu akan menjadi kenyataan.

Ujaran winter is coming disampaikan Jokowi untuk menggambarkan mengenai banyaknya masalah perekonomian dunia. Menurutnya, ancaman ekonomi tersebut terjadi saat ini, khususnya keadaan antarnegara yang berupaya pulih dari hantaman pandemi Covid-19.

"Sebagaimana saya katakan pada IMF, World Bank tahun 2018, winter is coming dan saat ini winter yang berat benar-benar datang. Pandemi [Covid-19] belum berakhir, dan ekonomi dunia masih terguncang," kata Jokowi, Kamis (17/2/2022).

Pada kesempatan tersebut, dia juga meminta kerja sama antanegara untuk tidak membuat ketegangan baru atau saling serang saat pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Jokowi menilai tidak ada satu negara manapun yang bisa bangkit sendiri, karena dibutuhkan sinergi dan kolaborasi antarnegara.

"Kebangkitan satu kawasan akan membangkitkan kawasan lainnya. Sebaliknya, keruntuhan satu kawasan akan ikut meruntuhkan kawasan lainnya,” ujarnya.

Dia melanjutkan, dalam situasi pandemi Covid-19 yang tidak dapat diprediksi bukan saatnya untuk antarnegara menunjukan rivalitas.

“Bukan saatnya untuk membuat ketegangan baru yang menganggu pemulihan dunia apalagi yang membahayakan keselamatan dunia,” kata Jokowi.

Sekadar informasi, Jokowi pertama kali menyampaikan soal winter is coming saat pertemuan tahunan IMF-World Bank di Bali pada 2018 lalu. Saat itu, dia mengatakan bahwa perekonomian dunia akan menghadapi kondisi yang sulit.

Adapun, Kepala Negara mengutip sebuah istilah populer dari film serial berjudul Game of Thrones yaitu the winter is coming untuk menggambarkan ketidakpastian dan perlambatan ekonomi dunia.

Musim dingin akan segera datang (the winter is coming) adalah moto House Stark, salah satu Rumah Besar Westeros di film Game of Thrones. Makna di balik kata-kata ini adalah peringatan dan kewaspadaan terus-menerus.

The Starks, sebagai penguasa utara, berusaha untuk selalu siap menghadapi datangnya musim dingin, yang paling keras melanda negeri mereka. Bahkan, musim dingin turut menyerang beberapa negara lain hingga menimbulkan resesi ekonomi.

"Perang dagang makin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang, negara-negara yang tengah tumbuh sedang mengalami tekanan pasar yang besar, dengan banyak masalah perekonomian dunia sudah cukup kita mengatakan bahwa winter is coming," kata Jokowi, di Nusa Dua Hall, Bali, (12/10/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper