Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Calon Mahasiswa, Ini 5 Tips Dapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Ingin kuliah di luar negeri dengan tanpa biaya? Berikut tips atau cara untuk mendapat beasiswa kuliah di luar negeri.
Ilustrasi Beasiswa LPDP 2022/LPDP Kemenkeu RI
Ilustrasi Beasiswa LPDP 2022/LPDP Kemenkeu RI

Bisnis.com, SOLO - Minat masyarakat untuk menempuh berkuliah di luar negeri terus meningkat. Bersamaan dengan itu, persaingan untuk mendapatkan beasiswa pun makin ketat.

Nah, lalu bagaimana kiat atau cara agar bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri ini?

Platform edutech untuk akses pendidikan ke luar negeri Schoters pun membagikan lima tips untuk menaklukkan beasiswa luar negeri.

1. Matangkan rencana

Melanjutkan pendidikan dengan jalur beasiswa di luar negeri memerlukan usaha dan persiapan yang matang. Satu tahun adalah rentang waktu ideal untuk memulai persiapan, termasuk mempertajam minat hingga membuat daftar negara tujuan, beasiswa universitas dan jurusan tujuan, dengan berdiskusi dan menggali berbagai sumber terpercaya.

2. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya

Gali informasi mengenai beasiswa yang diinginkan sebanyak-banyaknya. Mulai dari yang sifatnya non-formal, seperti pengalaman dan tips dari alumni di berbagai forum digital, hingga informasi formal seperti berkas yang dibutuhkan hingga jadwal penerimaan beasiswa.

3. Buatlah dokumen pendaftaran yang meyakinkan

Dokumen yang menjadi lembar promosi diri menjadi hal yang sangat penting dalam seleksi penerimaan beasiswa. Dokumen tersebut di antaranya ialah esai, CV, dan surat rekomendasi untuk menggambarkan kepribadian, minat, dan rencana pendidikan.

Oleh karena itu, luangkan waktu yang cukup untuk membuat tulisan yang dapat mewakili versi terbaik Anda untuk meyakinkan penyeleksi. Jika perlu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan bimbingan pembuatan dokumen untuk beasiswa.

4. Latihan wawancara

Hampir semua beasiswa menerapkan tahapan wawancara sebagai syarat yang wajib dilalui pelamar. Untuk itu, lakukan persiapan interview sebaik mungkin, baik persiapan materi hingga persiapan mental dengan berlatih sesering mungkin.

5. Tetapkan target nilai tes bahasa asing

Umumnya, pemberi beasiswa, universitas, maupun jurusan tertentu, mensyaratkan pelamar untuk fasih berbahasa asing dengan skor minimal yang telah ditetapkan. Beasiswa LPDP misalnya, bagi pendaftar program magister luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut: TOEFL iBT 80, PTE Academic 58, atau IELTS 6,5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper