Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tes PCR Dikabarkan Tidak Bisa Bedakan Covid-19 dan Influenza, Begini Faktanya

beredar informasi mengenai ketidakmampuan tes PCR membedakan antara virus yang menyebabkan influenza dan Covid-19.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 17 Januari 2022  |  09:48 WIB
Petugas melakukan tes PCR kepada penumpang anak-anak sebelum melakukan perjalanan kereta api di Stasiun Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (25/12/2021).  - Antara Foto/Dedhez Anggara/YU\r\n
Petugas melakukan tes PCR kepada penumpang anak-anak sebelum melakukan perjalanan kereta api di Stasiun Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (25/12/2021). - Antara Foto/Dedhez Anggara/YU\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Belakangan beredar informasi mengenai ketidakmampuan tes PCR membedakan antara virus yang menyebabkan influenza dan Covid-19. Informasi tersebut diklaim oleh pemerintah sebagai hoaks.

Mengutip informasi resmi dari laman Instagram Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Senin (17/1/2022), belum ada pernyataan resmi dari badan kesehatan sahih dunia atau WHO yang mendukung hal tersebut.

"Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC tidak pernah mengatakan tes PCR tidak efektif untuk mendeteksi Covid-19," tulis pihak Dinkes DKI seperti dikutip Bisnis.

Sementara itu, pemberitaan yang menginformasikan telah beredar informasi di media sosial Twitter, bahwa CDC telah mengakui tes PCR tidak mampu membedakan antara Covid-19 dan influenza juga dklaim sebagai hoaks.

Faktanya, tulis pihak Dinkes DKI, informasi tersebut merupakan misinterpretasi atas pernyataan CDC sebelumnya.

CDC sebelumnya merekomendasikan tes Multiplex Assay untuk mendeteksi Covid-19 yang kemudian disalahartikan. Rekomendasi tersebut mengasumsikan tes PCR tidaklah akurat.

Salah satu media internasional juga sudah melakukan pengecekan fakta mengenai klaim misinformasi tes PCR tersebut. Senada, misinformasi tersebut terjadi karena misinterpretasi atas keterangan CDC sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

influenza Fact or Fake Covid-19 Tes PCR
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top