Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hadi Tjahjanto Beberkan Kesiapan MotoGP 2022 Mandalika

Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto mencatat sejumlah hal yang perlu pembenahan menjelang pelaksanan MotoGP Mandalika 2022.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 13 Januari 2022  |  13:01 WIB
Hadi Tjahjanto Beberkan Kesiapan MotoGP 2022 Mandalika
Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha) menjajal aspal sirkuit Mandalika, Lombok untuk ajang World Superbike (WSBK) 2021, Jumat (19/11/2021) - worldsbk.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali mengunjungi provinsi Nusa Tenggara Barat. Kedatangan Jokowi memastikan kesiapan penyelenggaraan MotoGP yang dihelat pada Maret mendatang.

“Saya cek langsung kedatangan di bandara kemudian proses yang ada di dalam bandara, Saya lihat semuanya yang berkaitan dengan protokol kesehatan, yang terkait dengan cek untuk PCR, sudah vaksin dua kali semuanya, urut-urutannya sudah bagus,” katanya dikutip dari YouTube Setpres, Kamis (13/1/2022).

Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa ada beberapa catatan berdasarkan kajian penyelenggaraan Supermoto WSBK 2021.

“Diantaranya adalah pembenahan infrastruktur seperti jalan dari Bandara Internasional Lombok sampai ke bypass, lalu dari Bundaran Sunggung menuju ke sirkuit itu sendiri,” katanya.

Dilokasi tersebut, katanya, telah dilakukan pengindahan termasuk perbaikan rumah penduduk yang merupakan program Kementerian PUPR.

Sementara itu, di Sirkuit Mandalika sendiri sudah dilaksanakan pembenahan baik di-tier 1 atau paddock area kemudian tier 2 atau sirkuit itu sendiri dan tier 3 atau khusus penonton.

“Dukungan lain yang paling penting adalah akomodasi. Akomodasi di Lombok ini ini hanya 16.000 dan akan kita tambah sesuai dengan tiket yang kita jual karena yang kita jual kurang lebih 63.503,” kata Hadi.

Kekurangannya, akan dicukupi dengan melibatkan Pelni dari Kementerian Perhubungan, pemanfaatan 700 kapal pinisi dengan rerata 5 kamar per pinisi.

“Kemudian pembangunan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) khusus di kawasan Mandalika, ini ada 300 dan 50 sudah mendapatkan sertifikat CHSE, 98 ada di sekitar Tiga Gili,” katany.

Hadi juga menjelaskan solusi persoalan transportasi bagi penonton yang akan masuk ke sirkuit dimana pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyediakan shuttle bus.

Selain itu, frekuensi penerbangan baik dari Jakarta, Surabaya, Bali maupun Makassar juga akan ditambahkan.

“Jadi mudah-mudahan penonton nanti diberikan kemudahan menuju ke Sirkuit Mandalika untuk bisa menonton MotoGP 2022,” ujar Hadi.

Dia menargetkan seluruh rencana perbaikan di Lombok sudah selesai sebelum Maret 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi MotoGP mandalika
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top