Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Lonjakan Covid-19 Jelang KTT G20, Ini Arahan Jokowi ke Satgas

Jokowi meminta agar protokol kesehatan diterapkan dengan semaksimal mungkin dalam penyelenggaraan setiap kegiatan di KTT G20 untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato di acara Kompas100 CEO Forum di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/11/2021) - Youtube Setpresrnrn
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato di acara Kompas100 CEO Forum di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/11/2021) - Youtube Setpresrnrn

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar protokol kesehatan diterapkan dengan semaksimal mungkin dalam penyelenggaraan setiap kegiatan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali dan beberapa daerah lainnya.

“Kegiatan kick off untuk Sherpa Meeting di KTT G20 nanti akan dilakukan di Jakarta dan kick off untuk Finance Track di Bali di awal Desember, sehingga dunia akan melihat kita. Oleh sebab itu, kemampuan kita dalam mengendalikan pandemi betul-betul diuji dan utamanya dalam menjalankan protokol kesehatan,” kata Jokowi dikutip dari laman Setkab, Senin (22/11/2021).

Terkait hal tersebut Jokowi menekankan pentingnya pendampingan dari Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19 untuk menyambut kedatangan delegasi, mulai dari kedatangan di bandara udara, hotel dan lingkungan sekitar, hingga ke tempat penyelenggaraan KTT.

Jokowi juga meminta jajaran terkait untuk mengomunikasikan dengan baik kepada masyarakat mengenai rencana penerapan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia pada saat Natal dan Tahun Baru (Nataru), termasuk menyampaikan informasi mengenai perkembangan kasus-kasus dan kenaikan kasus yang ada di Eropa.

“Ini penting sekali sebagai sebuah background dari keputusan yang akan kita ambil, karena memang ada beberapa yang menolak pemberlakuan PPKM Level 3 ini karena memang menginginkan situasi menjadi normal kembali. Tapi, kita harus ingat bahwa apapun, utamanya ini pariwisata di Bali, memang terdampak paling dalam, tapi juga perlu dijelaskan bahwa apabila situasi tidak terkendali justru akan memukul balik ekonomi dan pariwisata kita. Apalagi, sekali lagi, kita akan menjadi tuan rumah 150 meeting yang ada di G20,” ujar Jokowi.

Sejalan dengan itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengimbau kepada masyarakat agar turunnya kasus Covid-19 di Indonesia tetap terjaga dengan baik.

“Oleh karena itu, kita semua butuh kedisiplinan. Dukungan masyarakat luas sehingga kita melakukan dua hal, yaitu menerapkan protokol kesehatan yang tertib dan ketat, dan berperan aktif dalam vaksinasi,” ujar Johnny.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah rencana dan persiapan telah dilakukan pemerintah dalam menyambut KTT G20.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengatakan, persiapan yang telah dan sedang serta akan terus dilakukan meliputi persiapan logistik dan infrastruktur yaitu penyiapan standar layanan acara, protokol, konsuler, akomodasi logistik, transportasi, venue bagi rangkaian presidensi termasuk KTT, pertemuan tingkat menteri, tingkat deputi (Sherpa), Working Group, dan Engagement group juga sudah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, persiapan komunikasi dan media yaitu penyiapan pemilihan tema besar untuk presindensi Indonesia dan menyiapkan sistem aplikasi untuk track and trace untuk mengontrol penyebaran Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper