Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penampakan Motor Balap Jokowi yang Bakal Digunakan di Sirkuit Mandalika

Presiden Jokowi diagendakan untuk menjajal langsung Sirkuit Mandalika dengan mengendarai motor balap pribadinya.
Motor milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan digunakan untuk menjajal lintasan Sirkuit Mandalika pada Jumat, 12 November 2021 - Instagram
Motor milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan digunakan untuk menjajal lintasan Sirkuit Mandalika pada Jumat, 12 November 2021 - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada Jumat (12/11).

Selain meresmikan, Presiden juga akan menjajal lintasan dengan menggunakan motor balap pribadinya sebelum nantinya Sirkuit Mandalika akan digunakan untuk ajang balapan World Superbike (WSBK) dan Moto GP.

Berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (12/11), Presiden Jokowi bertolak menuju Provinsi NTB sekitar pukul 06.30 WIB. Presiden beserta rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Setibanya di Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) Zainuddin Abdul Majid, Kabupaten Lombok Tengah, Presiden akan langsung menuju Pit Building Sirkuit Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, untuk meninjau ruang kontrol Sirkuit Mandalika berikut menyimak penjelasan panel sirkuit tersebut.

"Presiden juga diagendakan untuk menjajal langsung Sirkuit Mandalika dengan mengendarai motor balap pribadinya sebelum meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika," demikian keterangan BPMI Setpres, Jumat (12/11/2021).

Adapun, informasi bahwa Presiden Jokowi akan menjajal langsung lintasan Sirkuit Mandalika sebelumnya disampaikan oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Melalui unggahan video di akun Instagramnya, dia menyampaikan informasi bahwa motor balap milik Presiden Jokowi telah tiba di Mandalika.

"Pak Jokowipun tak sabar lagi utk menjajal sirkuit Mandalika besok sore...," ujar Zulkieflimansyah, Kamis (11/11/2021).

Dalam video itu tampak motor custom berwarna hijau bertuliskan RI 1 diturunkan dari pesawat dan langsung dibawa menggunakan truk towing menuju sirkuit.

Dilansir dari Antara, Motor yang akan dikendarai Jokowi adalah yang senantiasa menemani orang nomor satu di Indonesia itu berkeliling dalam kunjungan kerja ke Desa Pa'Api, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Motor bergaya bobber ini memiliki dasar dari Kawasaki W175. W175 milik Jokowi, memiliki perubahan gaya mulai dari roda-roda yang lebih besar dari standar yang menegaskan motor itu berjenis bobber style.

Untuk urusan mesin, motor custom hasil karya Katros Gargae ini dibekali dengan mesin 177cc satu silinder karburator yang menghasilkan tenaga 9,6 kW pada putaran 7.500 rpm, dengan torsinya mencapai 13,2 Nm pada rentang 6.000.

Sebelumnya, Jokowi pernah mengendarai motor bergaya chopper dengan basis dari Royal Enfield Bullet 350 besutan Elders Garage dan Kickass Choppers.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMMI) Bambang Soesatyo pada Jumat (22/10) mengatakan Presiden Jokowi seharusnya melakukan uji coba beberapa hari lalu, namun harus ditunda karena ada sejumlah kegiatan kenegaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper