Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Varian A.Y.4.2 Terdeteksi di Malaysia, Ini Antisipasi Indonesia

Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan Indonesia saat ini terus melakukan deteksi untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 yaitu A.Y.4.2 yang terdeteksi sudah ada di Malaysia.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 08 November 2021  |  17:45 WIB
Varian A.Y.4.2 Terdeteksi di Malaysia, Ini Antisipasi Indonesia
Ilustrasi Virus Corona (Covid/19)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan Indonesia saat ini terus melakukan deteksi untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 yaitu A.Y.4.2 yang terdeteksi sudah ada di Malaysia.

Budi mengatakan, sebagai pencegahan sekaligus tracing, sudah ada 1.500 sampai 1.800 genome sequence test yang dilakukan dan hasilnya belum ada varian baru yang masuk ke Tanah Air.

"A.Y.4.2 sudah sampai di Malaysia tapi belum atau tidak terdeteksi di Indonesia sampai sekarang," katanya dalam konferensi pers PPKM yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (8/11/2021).

Kendati demikian, Budi menegaskan Indonesia ke depan akan mengetatkan penjagaan perbatasan khususnya yang langsung dari Malaysia.

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan karena banyak warga dari Indonesia melakukan aktivitas pulang pergi dari Negeri Jiran tersebut dengan menggunakan moda transportasi darat, laut, dan udara.

"[Aktivitas] Ini nanti akan kita tingkatkan penjagaannya agar kita bisa menahan masuknya potensi varian baru ini ke Indonesia. Prinsipnya, [kasus Covid-19] menurun, kita bersyukur alhamdulillah tetapi tetap waspada dan hati-hati terutama dalam menghadapi Natal dan tahun baru," ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan pemerintah memaksimalkan empat strategi untuk mencegah masuknya varian AY.4.2 dari Inggris. Pertama, memaksimalkan karantina bagi pelaku perjalanan internasional.

Kedua, memperketat pelaksanaan protokol kesehatan 3M (menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan). Ketiga, memaksimalkan 3T (testing, tracing, treatment).

"Kemudian vaksin agar dapat mencegah masuknya semua jenis varian baru sekaligus meminimalisir pembentukan mutasi baru dalam negeri," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Kamis (28/10/2021).

Wiku menjelaskan AY.4.2 sebetulnya bukan varian baru. Melainkan bagian dari varian Delta yang mengalami perubahan atau mutasi tambahan.

"Jenis varian A.Y dari mutasi Delta ini cukup beragam, yaitu dari A.Y.1 hingga A.Y.2.8," katanya.

Menurut Wiku, pemerintah belum mengetahui karakteristik dari varian AY.4.2. Baik dari tingkat penularan, keparahan gejala, maupun respons terhadap vaksinasi.

"Karena studi terkait hal tersebut masih berlangsung," pungkas Wiku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

malaysia kemenkes Virus Corona
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top