Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Dorong Perguruan Tinggi Tingkatkan Kolaborasi dengan Dunia Usaha

Wapres Ma’ruf Amin mendorong perguruan tinggi mengembangkan riset dan inovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat mengisi diskusi ekonomi dan perbankan syariah di era new normal / Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat mengisi diskusi ekonomi dan perbankan syariah di era new normal / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan riset dan inovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan meningkatkan kerja sama dan kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri, lembaga riset, perguruan tinggi lain, dan pemerintah.

Menurutnya, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul merupakan salah satu prioritas pemerintah guna membangun Indonesia Maju yang mampu bersaing secara global di masa depan.

Meskipun demikian, dia mengimbau mahasiswa untuk tetap berpijak pada jati diri dan kearifan lokal.

“Anda semua dituntut punya kemampuan bersaing pada tingkat global, tetapi hati/jati diri Anda tetap harus melekat sesuai dengan identitas dan akhlak insan nusantara,” kata Wapres dalam sambutannya pada Rapat Terbuka Senat Universitas Islam Malang (UNISMA) melalui konferensi video, Senin (6/9/2021).

Di samping itu, Ma’ruf juga mengingatkan agar mashasiswa untuk senantiasa menjunjung tinggi moralitas dan menghargai keragaman sosial.

“Dunia tidak akan menjadi lebih baik hanya karena banyak orang cerdas, tetapi lebih karena terjaganya moralitas dan kohesi sosial yang baik,” katanya.

Dia melanjutkan, dalam era teknologi informasi saat ini, pemikiran tentang liberalisme, sekularisme dan radikalisme serta ajaran lain yang tidak sejalan dengan nilai Islam yang wasathy/moderat sangat mudah masuk dan dapat mempengaruhi pola pikir mahasiswa sehingga berpotensi untuk memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, dia mengimbau kepada seluruh mahasiswa untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan turut serta melakukan kegiatan seperti sosialisasi protokol kesehatan, menjadi relawan, vaksinator, dan penggalangan bantuan sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19, serta ikut serta dalam upaya pemulihan dampak pandemi di tingkat masyarakat.

Lebih lanjut, Ma’ruf berharap seluruh civitas academika UNISMA dapat berperan aktif menyukseskan program vaksinasi untuk menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity.

“Saya meminta agar seluruh civitas academika UNISMA sudah divaksin pada saat penyelenggaraan PTM [Pembelajaran Tatap Muka] dan dalam kondisi sehat. Semoga dengan vaksinasi dan protokol kesehatan yang ketat PTM di UNISMA dapat berjalan dengan aman dan lancar serta tidak menimbulkan klaster penularan baru,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper