Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Presiden Haiti Tewas Dibunuh Kelompok Bersenjata

Kelompok bersenjata menyerang kediaman presiden di ibu kota Port-Au-Prince sekitar pukul 01.00 waktu setempat.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 08 Juli 2021  |  01:04 WIB
Presiden Haiti Tewas Dibunuh Kelompok Bersenjata
Ilustrasi senjata
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Haiti Jovenel Moise terbunuh setelah rumahnya diserang oleh kelompok bersenjata tidak dikenal pada Rabu (7/7/2021).

Dilansir Bloomberg, Perdana Menteri Sementara Haiti Claude Joseph mengatakan Moise dibunuh oleh pembunuh yang sangat terlatih dan bersenjata lengkap yang menyerbu kediamannya di ibu kota Port-Au-Prince sekitar pukul 01.00 waktu setempat.

Ibu Negara Martine Moise juga terkena tembakan dalam serangan tersebut, namun masih selamat dan akan dievakuasi ke Miami untuk perawatan, kata duta besar Haiti untuk AS, Bocchit Edmond dalam sebuah wawancara.

Menurut konstitusi, Joseph saat ini akan mengambil alih pemerintahan sementara. Kematian Moise mengancam terjadinya kekacauan yang lebih luas di negara tersebut jika faksi-faksi saingan berebut kekuasaan.

Haiti hampir menjadi negara gagal, dengan sebagian besar wilayahnya dikuasai oleh kelompok bersenjata yang mencari nafkah melalui pemerasan dan penculikan. Di atas pandemi dan ekonomi yang goyah, negara itu sedang mengalami perebutan kekuasaan konstitusional yang berasal dari pemilihan yang kacau. Moise sendiri dilantik 15 bulan setelah pemungutan suara putaran pertama.

Edmond mengatakan pasukan keamanan Haiti membutuhkan bantuan internasional untuk mengendalikan negara itu.

“Video insiden yang beredar menunjukkan penyerang berbicara dengan bahasa Inggris dan Spanyol, dan menampilkan diri mereka sebagai agen Administrasi Penegakan Narkoba AS,” ungkap Edmond.

Identitas asli mereka masih belum jelas, tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

haiti kelompok bersenjata
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top