Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Guspardi Gaus Tak Isolasi Usai dari Kyrgyztan, Fraksi PAN Minta Maaf

Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR Saleh Partaonan Daulay mengaku telah menegur Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus atas tindakannya tersebut.
Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN, Guspardi Gaus./Antara
Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN, Guspardi Gaus./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus mendapat sorotan lantaran tidak menjalani karantina setelah pulang dari luar negeri, tepatnya dari Kyrgyztan.

Atas tindakan salah koleganya tersebut, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR Saleh Partaonan Daulay meminta maaf kepada masyarakat atas tindakan koleganya. Saleh pun telah menegur Guspardi atas tindakannya tersebut.

"Atas nama fraksi saya mengucapkan mohon maaf kepada kejadian yang tadi menimpa Pak Guspardi Gaus. Mudah-mudahan Pak Guspardi tidak akan mengulanginya," kata Saleh kepada wartawan, Kamis, (1/7/2021)

Saleh mengatakan dia awalnya mendapat informasi dari media massa ihwal Guspardi yang tak isolasi setelah kembali dari luar negeri. Politikus PAN itu malah menghadiri rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Otonomi Khusus Papua di DPR.

Saleh mengaku langsung menelepon Guspardi untuk meminta keterangan. Menurut dia, Guspardi tak merasa bersalah dan malah mengumumkan hal itu di rapat, lantaran terlalu bersemangat ingin mengikuti pembahasan RUU Otsus Papua tersebut.

Saleh mengatakan dia dapat memahami semangat koleganya tersebut. Namun di sisi lain, dia mengingatkan adanya aturan pemerintah bahwa pelaku perjalanan dari luar negeri harus menjalani isolasi terlebih dulu.

"Kami akan mengingatkan keras kepada seluruh anggota agar hal itu tidak terjadi lagi terutama tentu Pak Guspardi dan anggota fraksi PAN lainnya," ujar dia.

Anggota Komisi Kesehatan DPR ini mengatakan, partainya juga bakal mengevaluasi kejadian ini. Dia berujar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan telah meminta dirinya memberikan teguran keras kepada Guspardi Gaus.

Sebelumnya di awal rapat Pansus RUU Otsus Papua hari ini, Guspardi Gaus mengatakan ia baru kembali dari Kyrgyztan. Dia pun mengaku menolak diisolasi di hotel lantaran ingin mengikuti rapat tersebut.

Anggota Komisi Pemerintahan DPR ini bahkan menyebut petugas Kementerian Kesehatan memperlakukannya dengan tidak baik menyangkut isolasi itu. "Saya cemas juga semalam, mau diinapkan di hotel, dan memang cara-cara yang dilakukan tidak baik oleh Departemen Kesehatan," kata Guspardi di awal rapat.

Sejumlah anggota Pansus RUU Otsus Papua pun menyentil Guspardi, di antaranya politikus PDI Perjuangan My Esti Wijayati, politikus Partai Kebangkitan Bangsa Heru Widodo, dan politikus NasDem Robert Rouw.

"Harusnya kan dia karantina, tapi dia melawan aturan ke sini, ini kami yang di depan ini takut ini, makanya saya keluar terus," kata Robert.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper