Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Soal TWK Pegawai KPK, Komnas HAM Panggil Firli Bahuri Pekan Depan

Komnas mendapatkan bukti baru berupa 546 lembar dokumen berisi informasi dan data kejanggalan TWK kepada pegawai KPK.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Mei 2021  |  21:10 WIB
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri - Antara/M. Risyal Hidayat
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri - Antara/M. Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan memanggil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri pada pekan depan untuk dimintai keterangan mengenai laporan atas penyelenggaraan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang berujung pada pemecatan 51 pegawai komisi antirasuah.

“Kami merencanakan minggu depan. Kalau ini segera selesai, minggu depan kami panggil,” kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam, di kantornya, Jakarta, Kamis, 27 Mei 2021.

Sebelumnya, 75 pegawai KPK dinyatakan tidak lulus dalam tes kebangsaan yang diselenggarakan oleh KPK dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Dari 75 pegawai, KPK menyatakan 51 orang akan dipecat, karena dianggap tidak bisa dibina lagi. Adapun, 24 orang lainnya dinyatakan masih bisa beralih status menjadi aparatur sipil negara (ASN) dengan syarat kembali mengikuti pelatihan wawasan kebangsaan dan bela negara.

Anam mengatakan saat ini masih melakukan pemeriksaan kepada sejumlah pegawai KPK. Komnas, kata dia, ingin melihat masalah ini dari berbagai sisi, di antaranya soal persoalan hukum, persoalan pada saat pelaksanaan tes, dan konteks peristiwa.

Anam berharap dari temuan baru itu akan didapatkan benang merah yang bisa membuktikan bahwa pemecatan itu bukan soal masalah kepegawaian. Melainkan, lebih luas yaitu upaya pemberantasan korupsi.

“Dalam konteks negara modern, antikorupsi itu pilar kebangsaan dan pilar negara,” ujar dia soal rencana pemeriksaan Firli Bahuri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK komnas ham Firli Bahuri

Sumber : Tempo.Co

Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top