Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hadiri Peringatan Hari Raya Waisak, Ini Pesan Jokowi

Jokowi mengucapkan selamat memperingati Hari Trisuci Waisak Tahun 2021 atau 2565 Tahun Buddhis kepada seluruh umat Buddha di seluruh Indonesia.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 27 Mei 2021  |  14:09 WIB
Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi Climate Adaptation Summit (KTT CAS) 2021, pada Senin (25/1/2021). - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi Climate Adaptation Summit (KTT CAS) 2021, pada Senin (25/1/2021). - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi)mengucapkan selamat memperingati Hari Trisuci Waisak Tahun 2021 atau 2565 Tahun Buddhis kepada seluruh umat Buddha di seluruh Indonesia.

“Atas nama pemerintah, keluarga, dan pribadi, saya menyampaikan selamat memperingati Hari Trisuci Waisak Tahun 2021 atau 2565 Tahun Buddhis kepada seluruh umat Buddha di seluruh Tanah Air,” kata Jokowi saat menyampaikan sambutan pada peringatan Hari Raya Waisak secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (27/5/2021).

Lebih lanjut, Kepala Negara juga berterima kasih kepada umat Buddha yang tetap menerapkan protokol kesehatan, menghindari kerumunan dalam beribadah, mengurangi mobilitas selama libur hari raya, dan menyelenggarakan peringatan Trisuci Waisak secara virtual.

Menurutnya, kepatuhan menerapkan protokol kesehatan merupakan praktik keagamaan yang mulia karena menghormati dan menghargai sesama umat manusia yang kini bersama-sama berupaya memperoleh berkah kesehatan.

Jokowi juga berpesan agar peringatan Hari Trisuci Waisak harus menjadi momentum untuk memperkokoh komitmen untuk menghormati makna hakiki hidup dan kehidupan, meraih keharmonisan, dan mengajarkan dharma atau dhamma.

“Dengan menjalankan dharma, umat Buddha mendapatkan kesempatan menata keseimbangan batinnya, memuliakan keagungan Tuhan Yang Maha Welas Asih, memuliakan harkat dan martabat kemanusiaannya sebagai umat beragama,” ungkap Jokowi.

Dia menilai, butir-butir keluhuran ajaran dharma juga sangat relevan dengan situasi pandemi seperti saat ini karena mengingatkan manusi untuk terus melangkah di jalan kebaikan, mengendalikan diri dari perilaku buruk, meningkatkan kepedulian kepada sesama, serta membantu dengan tulus dan ikhlas.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi buddha waisak
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top