Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dewas KPK Gelar Sidang Etik Penyidik Robin, Azis Syamsuddin Jadi Saksi

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin telah diperiksa oleh Dewas KPK pada Senin (17/5/2021), tetapi Dewas tak menjelaskan materi pemeriksaannya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Mei 2021  |  11:59 WIB
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin - Bisnis - Rayful Mudassir
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin - Bisnis - Rayful Mudassir

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dijadwalkan menjadi saksi dalam sidang etik yang digelar Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Stepanus Robin Pattuju.

"Hari ini mulai dilakukan persidangan etik," kata Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean, kepada wartawan, Selasa (25/5/2021).

Sebelumnya, Azis telah diperiksa oleh Dewas pada Senin (17/5/2021). Dewas tak menjelaskan materi pemeriksaan politikus Golkar itu.

KPK juga telah memanggil Azis lebih dulu untuk menjadi saksi kasus ini pada awal Mei 2021. Namun, Azis tak hadir saat itu dan KPK belum menjadwalkan kembali pemeriksaannya.

KPK menyebut Azis Syamsuddin menjadi pihak yang mengenalkan Robin dengan Wali Kota Tanjungbalai M. Syahrial. KPK menerangkan pertemuan antara keduanya pertama kali terjadi di rumah dinas Azis pada Oktober 2020.

Dalam pertemuan itulah, Syahrial kemudian meminta bantuan Robin mengenai kasus korupsi yang menjeratnya di KPK. Atas bantuan tersebut, Syahrial kemudian menjanjikan Rp 1,5 miliar.

Dari jumlah itu, KPK menyebut sebanyak Rp 1,3 miliar telah diserahkan. KPK telah menetapkan tiga tersangka di kasus suap, yaitu Robin, Syahrial dan seorang pengacara bernama Maskur Husain.

Azis Syamsuddin mengaku tidak mengingat bahwa dia pernah bertemu dengan penyidik KPK bernama Robin. “Saya banyak pertemuan, secara khusus saya tidak tahu karena tamu saya banyak,” kata politikus Golkar ini menanggapi kasus suap yang menjerat penyidik KPK.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK Azis Syamsuddin

Sumber : Tempo

Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top