Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rabu Sampai Minggu, Banten Tuan Rumah Festival Hari Buku Nasional 2021

Banten memiliki tokoh-tokoh literasi di masa lampau yang cukup berpengaruh seperti Syech Nawawi al-Bantani dan Husein Jayadiningrat.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 24 Mei 2021  |  15:20 WIB
Festival Hari Buku Nasional 2021 berlangsung 26 - 30 Mei 2021 di Untirta, Banten. - ikapi.org
Festival Hari Buku Nasional 2021 berlangsung 26 - 30 Mei 2021 di Untirta, Banten. - ikapi.org

Bisnis.com, SERANG - Mulai Rabu (26/5/2021) hingga Minggu (30/5/2021) Pemerintah Provinsi Banten dan IKAPI Pusat menggelar Festival Hari Buku Nasional 2021.

Kegiatan Festival Hari Buku Nasional (FHBN) 2021 tersebut akan digelar di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten.

Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Arys Hilman Nugraha dalam jumpa pers secara virtual di Serang, Kamis, menjelaskan Festival Hari Buku Nasional 2021 itu bakal menghadirkan para penulis ternama, seperti Nidu Paras Erlang yang berhasil menyabet penghargaan Katulistiwa Literary Award 2020, Akmal Nasery Basral, Gol A Gong hingga Pidi Baiq.

Ia menjelaskan untuk kedua nama terakhir Gol A Gong dan Pidi Baiq, mereka menyebutnya "tawuran" antara Si Roy dan Dilan.

Publik pembaca mengetahui bahwa Gol A Gong adalah penulis novel legendaris “Balada Si Roy” pada tahun 90-an, sementara Pidi Baiq adalah penulis novel Dilan yang digandrungi pembaca milenials.

Selain itu, kata Arys, FHBN 2021 akan menampilkan diskusi dengan para pegiat literasi Banten, penampilan seni dari berbagai komunitas hingga diskusi mengenai Undang-Undang Sistem Perbukuan nasional yang akan dihadiri anggota DPR Ferdiansyah, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, dan pelaku perbukuan Bambang Wasito.

“Banten memiliki tokoh-tokoh literasi di masa lampau yang cukup berpengaruh seperti Syech Nawawi al-Bantani dan Husein Jayadiningrat. Banten juga memiliki tokoh literasi nasional yang sangat diperhitungkan dan sangat mewarnai gerakan literasi di Tanah Air,” kata Arys Hilman Nugraha.

Kepada Bisnis.com, Senin (24/5/2021) Arys menambahkan bahwa penggerak literasi di Provinsi Banten tergolong aktif sekali. Pihak Pemprov Banten juga memberikan dukungan terhadap literasi dengan serius.

Selain itu ada ribuan perusahaan yang diharapkan CSR-nya berupa buku.

"Secara indeks literasi, Banten satu kelas dengan Jakarta dan Jogja, dan di atas Jabar, Jateng, Jatim," ujar Arys.

Dalam festival kalil ini, ujar Arys, transaksi atau belanja buku lebih diharapkan dari kalangan perusahaan. Ia mengiyakan bahwa targetnya lebih ke pembeli corporate

"Iya, corporate. Soalnya masih pandemi. Pengunjung dibatasi," ujar Arys.

Terkait aktivitas literasi di Banten, Arys menyinggung kegiatan Rumah Dunia yang didirikan Gol A Gong dkk.

"Firman Venayaksa mantan Ketua Rumah Dunia pernah jadi ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat(TBM) tingkat nasional. Gol A Gong dan Firman pernah dapat Ikapi Awards," ujar Arys.

Sementara itu, saat konferensi pers, Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan FHBN 2021 menyatakan komitmennya untuk ikut menyukseskan pergelaran itu.

Ia berharap festival ini menjadi pengingat akan kontribusi tokoh-tokoh seperti Syech Nawawi dan Husein Jayadiningrat.

Senada dengan Fatah Sulaiman, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy yang terlibat dalam konferensi pers menyatakan dukungan festival ini sejak awal dan merekomendasikan kepada perusahaan dan masyarakat umum untuk terlibat dalam aksi "sejuta buku" yang nantinya akan disebarkan ke perpustakaan dan taman bacaan masyarakat.

Bahkan, Wagub akan ikut merayakan festival ini dengan meluncurkan buku yang ditulisnya berjudul “Yang Muda Yang Bekerja”.

Ketua Pelaksana FHBN 2021 Wahyu Rinanto mengatakan FHBN 2021 adalah penyelenggaraan pertama yang dilaksanakan secara luar ruangan (luring).

Dengan pandemi yang belum usai ini, dipastikan dalam pelaksanaannya akan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banten IKAPI literasi

Sumber : Ikapi/Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top