Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa Itu Gencatan Senjata? Jalan yang Diambil Hamas-Israel di Gaza

Israel-Hamas akhirnya menyepakati gencatan senjata untuk mengurangi tensi konflik di Jalur Gaza, Palestina. Apa itu gencatan senjata?
Ilustrasi - Asap dan api membubung selama serangan udara Israel di tengah maraknya kekerasan Israel-Palestina, di Gaza (12/5/2021)./Antara/Reuters-Ibraheem Abu Mustafa
Ilustrasi - Asap dan api membubung selama serangan udara Israel di tengah maraknya kekerasan Israel-Palestina, di Gaza (12/5/2021)./Antara/Reuters-Ibraheem Abu Mustafa

Bisnis.com, JAKARTA - Gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza, Palestina akhirnya terjadi.

Pemboman udara di Gaza yang berpenduduk padat telah menewaskan 232 warga Palestina. Sebaliknya, serangan roket ke Israel telah menewaskan 12 orang selama konflik 11 hari berlangsung.

Dilansir dari Yahoo! News, Kantor perdana menteri Israel mengatakan gencatan senjata dilakukan secara timbal balik dan tanpa syarat". Itu merupakan perjanjian langsung untuk diam (quite for quite). Meskipun Israel dan Hamas telah menerima proposal Mesir untuk membahas lebih banyak masalah terkait Gaza pada tahap selanjutnya.

Namun, beberapa pejabat Hamas mengklaim perjanjian gencatan senjata termasuk komitmen tentang kebijakan Israel di Yerusalem, termasuk aparat di masjid Al-Aqsa dan kemungkinan penggusuran warga Palestina dari Yerusalem Timur demi pemukim Yahudi, yang secara tegas dibantah oleh seorang pejabat senior Israel dalam komentarnya.

Lantas, apa sebenarnya arti gencatan senjata?
Dikutip dari collinsdictionary.com, gencatan senjata adalah pengaturan di mana negara atau kelompok orang yang bertikai setuju untuk berhenti berperang.

Berdasarkan laporan di situs peacemaker.un.org, perjanjian gencatan senjata biasanya bergantung pada geografis tertentu penanda yang menjadi kewajiban masing-masing pihak, yaitu:

1. Garis pelepasan;
2. Garis dari mana atau ke mana gaya dibutuhkan
menarik atau menyebarkan;
3. Titik pertemuan atau distrik atau wilayah di mana kekuatan diharuskan untuk dibatasi;
4. Zona demiliterisasi di kedua sisi garis pelepasan
atau kurungan, atau di tempat lain;
5. Posisi monitor.

Sangat penting bahwa penanda geografis disepakati dan selanjutnya, dalam hal ini diperlukan peta dengan kualitas terbaik dan harus dilampirkan pada perjanjian.

Selain itu, harus ada yang jelas kesepakatan antara para pihak mengenai garis / titik distrik yang dimaksud dalam perjanjian serta modalitas untuk menangani sengketa, di mana kebingungan muncul mengenai posisi yang tepat, dirujuk untuk dalam perjanjian.

Dalam gencatan senjata, kedua pihak yang bertikai harus mempertimbangkan akan ada perekrutan berkelanjutan, pelatihan, pasokan ulang atau bahkan peningkatan persenjataan. Padahal kegiatan seperti itu sering kali menimbulkan tuduhan bahwa gencatan senjata digunakan untuk tujuan memperkuat persiapan kekuatan untuk keterlibatan baru di medan pertempuran.

Oleh karena itu, kegiatan semacam itu perlu diakui seperti kemajuan dan kesepakatan yang dicapai pada tingkat dan bentuk yang diizinkan, misalnya latihan, rekrutmen, dan re-supply persenjataan.

Seperti diketahui, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berada di bawah tekanan internasional untuk menyetujui gencatan senjata, termasuk dari pemerintahan Joe Biden. Namun, dia bersikeras bahwa Israel membutuhkan waktu tambahan untuk menyelesaikan tujuan militernya di Gaza.

Mesir, sebagai pihak merundingkan gencatan senjata dengan Israel dan Hamas, mengumumkan bahwa delegasi keamanan akan melakukan perjalanan ke Gaza dan Israel untuk memantau dan membantu menstabilkan gencatan senjata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper