Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingat! Cuti Bersama Lebaran 2021 untuk ASN Cuma 12 Mei

Pemerintah menetapkan cuti bersama Lebaran 2021 untuk ASN pada Rabu, 12 Mei 2021
Hanafi Nurmahdi
Hanafi Nurmahdi - Bisnis.com 10 Mei 2021  |  10:32 WIB
PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. - Antara
PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah menetapkan Keputusan Presiden (Keppres) No.7/2021 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2021 pada 9 April silam.

Keputusan ini menetapkan cuti bersama Lebaran 2021 untuk ASN pada Rabu, 12 Mei 2021 sebagai cuti Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah. Pemerintah juga menetapkan cuti bersama Hari Natal pada 24 Desember 2021.

Adapun, Hari Raya Idulfitri diprediksi akan jatuh pada 13-14 Mei 2021. Namun, pengumuman resmi Lebaran masih menunggu sidang Isbat yang akan digelar dalam waktu dekat.

“Cuti bersama sebagaimana dimaksud pada diktum kesatuan, tidak mengurangi hak cuti tahunan pegawai Aparatur Sipil Negara,” tulis diktum kedua, dikutip Selasa (10/5/2020).

Selain itu, bagi pegawai ASN yang tidak diberikan hak cuti bersama karena jabatannya, maka hak cuti tahunan ditambah sesuai dengan jumlah cuti bersama yang diberikan.

Pemangkasan cuti bersama yang dilakukan pemerintah bertujuan untuk membatasi pergerakan masyarakat yang akan berencana mudik pada sebelum Hari Raya Idulfitri 2021.

Pemerintah juga melarang bagi warganya untuk mudik dan didorong dengan keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menghentikan operasi moda transportasi darat, laut, dan udara selama waktu pelarangan 6-17 Mei 2021.

Presiden Joko Widodo juga berkaca pada kejadian tahun lalu, dimana momentum lebaran menjadi lonjakan kasus positif Covid-19. Pemerintah senantiasa mengajak masyarakat untuk menjaga keselamatan diri dan keluarga.

“Saya mengerti kita semua pasti rindu sanak saudara pada saat-saat seperti ini apalagi di lebaran nanti. Tapi, mari kita utamakan keselamatan bersama dengan tidak mudik ke kampung halaman,” kata Jokowi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi idulfitri cuti bersama ASN
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top