Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Larangan Mudik, Ketua DPR Harap Distribusi Logistik Tak Terganggu

Angkutan logistik di tengah pandemi khususnya menjelang hari raya Idulfitri merupakan kebutuhan yang amat penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 10 Mei 2021  |  08:49 WIB
Ketua DPR Puan Maharani membacakan pidato saat acara sidang tahunan MPR di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - TV Parlemen
Ketua DPR Puan Maharani membacakan pidato saat acara sidang tahunan MPR di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - TV Parlemen

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah dan aparat terkait diminta untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi agar kebijakan pelarangan mudik diminta tidak menganggu distribusi logistik untuk masyarakat pada hari raya Idulfitri.

Hal itu disampaikan Ketua DPR Puan Maharani. Menurutnya, angkutan logistik di tengah pandemi khususnya menjelang hari raya Idulfitri merupakan kebutuhan yang amat penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat.

“Saya minta supaya distribusi bahan logistik dan bahan-bahan penting ini tidak ada kendala sama sekali karena itu penting," kata Puan seperti dilansir laman resmi DPR, Minggu (9/5/2021).

Dia pun meminta dermaga-dermaga di Banten harus tetap disiagakan untuk menunjang distribusi logistik dan hal penting lain yang mendesak. Apalagi, 10 persen angkutan di Pelabuhan Merak merupakan angkutan logistik.

Puan mengatakan distribusi logistik amat penting bagi berjalannya roda perekonomian baik di Jawa maupun Sumatera. "Kondisi Pelabuhan Merak ini tadi saya disampaikan bahwa hanya 10 persen yang berjalan khususnya adalah terkait logistik dan bahan-bahan pokok," ujar Puan.

Politisi PDI-Perjuangan itu sangat berharap kebijakan larangan mudik dipahami masyarakat dan dipatuhi demi mencegah lonjakan kasus penularan Covid-19. Kepada pemerintah dan aparatur terkait, Puan menegaskan, penyekatan pemudik di Banten juga harus dilakukan berlapis untuk menghindari penumpukan.

“Penerapan kebijakan jangan membingungkan masyarakat. Tegas tapi humanis. Tahun ini jangan mudik dulu, sama-sama kita jaga diri, keluarga, lingkungan,” ungkap Puan.

Puan juga meminta pemerintah daerah melakukan tracing, tes, dan isolasi, jika menemukan masyarakat yang lebih awal pulang ke kampung halamannya atau sebelum larangan mudik dilaksanakan pada 6 Mei 2021.

“Pemerintah daerah harus turut memperhatikan, dan Banten banyak wisata laut, ini harus diperhatikan penegakan protokol kesehatannya,” ujar legislator dapil Jawa Tengah V tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr logistik Mudik Lebaran puan maharani Larangan Mudik Lebaran
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top