Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sentil ASN yang Protes THR, Mendagri: Harusnya Bersyukur!

Mendagri Tito Karnavian buka suara soal ASN yang mengeluhkan tidak adanya tunjangan kinerja pada THR tahun ini.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  15:07 WIB
Mendagri Tito Karnavian - Antara/Boyke Ledy Watra
Mendagri Tito Karnavian - Antara/Boyke Ledy Watra

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta kepada para aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak mengeluhkan besaran tunjangan hari raya atau THR yang dipangkas pada tahun ini.

Pasalnya, di masa pandemi Covid-19 kondisi anggaran negara terbebani untuk penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi nasional.

"Makanya kita berterima kasih kepada Ibu Menteri Keuangan [Sri Mulyani] dan Bapak Presiden [Jokowi], kita masih diberi THR di tengah situasi yang sulit seperti ini. Kita harus bersyukur betul," kata Mendagri dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021, dikutip dari YouTube Bappenas RI, Selasa (4/5/2021).

Adapun, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengumumkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 63/2021, dana THR 2021 untuk ASN yang semula Rp45,4 Triliun turun menjadi Rp30,8 triliun karena tidak ada unsur tunjangan kinerja di dalamnya.

Menkeu beralasan, pengurangan anggaran THR 2021 disebabkan oleh situasi pandemi yang masih terjadi di Indonesia.

Lebih lanjut, Mendagri juga meminta para ASN untuk berempati kepada pegawai swasta. Menurutnya, di masa pagebluk membuat banyak orang kehilangan pekerjaan, kinerja perusahaan swasta turun, bahkan sampai ada yang bangkrut.

"Kita pegawai negeri masih bisa punya THR, negara bangkrut baru kita nggak punya (THR). Kalau kita melihat pihak yang lain, masyarakat tidak bekerja, yang nganggur, jumlahnya sekarang jutaan juga. Mereka tidak mendapatkan apa-apa. Siapa yang mau ngasih THR," ujarnya.

Terlebih lagi, sambungnya, masih banyak pemerintah daerah yang lebih banyak mengalokasikan anggarannya untuk belanja pegawai ketimbang belanja modal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mendagri thr ASN
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top