Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lembaga Administrasi Negara Minta Pemda Buat Lompatan Besar

Potensi Pemda agar dapat dikembangkan, dengan cara yang baru dan keluar dari perangkap 'business as usual'.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 29 April 2021  |  21:57 WIB
Pembukaan Laboratorium Inovasi (Labinov) Kabupaten Lombok Utara.
Pembukaan Laboratorium Inovasi (Labinov) Kabupaten Lombok Utara.

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Administrasi Negara (LAN) berupaya mendorong pemerintah daerah mempercepat inovasi solusi permasalahan penyelenggaraan pemerintahan.

Kepala LAN Adi Suryanto meminta pemerintah daerah harus membuat lompatan besar melalui berbagai inovasi yang tentunya perlu didukung dengan sumber daya aparatur yang handal dan berkinerja tinggi.

"Co-creation merupakan inovasi yang akan dihasilkan secara bersama-sama, oleh seluruh pimpinan dan pegawai lintas unit kerja," ujarnya dalam rilis, Kamis (29/4/2021).

Sementara pada Rabu (28/4/2021), Adi Suryanto membuka pelaksanaan Laboratorium Inovasi (Labinov) Kabupaten Lombok Utara. Melalui kegiatan tersebut,
potensi Pemda agar dapat dikembangkan, dengan cara yang baru dan keluar dari perangkap 'business as usual'.

LAN telah memulai Labinov sejak tahun 2015 dan telah berhasil memfasilitasi 100 Pemda serta menghasilkan 10.000 ide inovasi. Atas dasar itu, pada tahun 2020-2024, LAN dipercaya untuk menyelenggarakan Program Prioritas Nasional melalui Laboratorium Inovasi.

"Inovasi harus tetap berlanjut sampai tujuannya tercapai, karena inovasi yang dihasilkan adalah milik bersama bukan unit atau perorangan, kunci keberhasilannya ialah dukungan pimpinan, kesiapan sumber daya manusia serta motivasi pegawai untuk melakukan inovasi,” tegas Adi Suryanto.

Sejalan dengan hal tersebut, Bupati Lombok Utara, Djohan Sjamsu mengapresiasi upaya LAN dalam mendorong inovasi di Kabupaten Lombok Utara dengan mempercayakan daerahnya sebagai salah satu lokus Laboratorium Inovasi.

“Kita memasuki era kolaborasi dimana pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat saling mendorong dalam mendukung iklim pemerintahan yang kreatif dan inovatif,” katanya.

Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara Tri Widodo pada pembukaan Laboratorium Inovasi Program Prioritas Nasional 2021 di Gedung Kesenian, Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Selasa (27/4) menyatakan bahwa banyak potensi yang bisa digali dari potensi Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang sudah lama dikenal oleh bangsa eropa pada masa kolonial.

Ini modal yang nanti dapat kita jadikan batu lompatan untuk melakukan perubahan besar.

“Dari sejarah kita dapat belajar dari negara-negara kolonial itu bisa sukses karena negeri-negeri seperti Maluku, berkontribusi besar terhadap kemajuan negara-negara di Eropa,” tambah Tri Widodo.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inovasi pemda lombok lembaga administrasi negara (LAN)
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top