Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Seleksi Prestasi Akademik PTK Islam 2021, Ini Link Pengumumannya

Seleksi Prestasi Akademik Nasional- Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2021 diikuti 182.890 pendaftar dari 11.920 sekolah.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 12 April 2021  |  16:32 WIB
Rapat Kelulusan SPAN-PTKIN tahun 2021 - Dokumentasi/Kemenag
Rapat Kelulusan SPAN-PTKIN tahun 2021 - Dokumentasi/Kemenag

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama melaporkan sebanyak 67.617 siswa dinyatakan lulus dalam Seleksi Prestasi Akademik Nasional- Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN).

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional yang diikuti 58 PTKIN dan 1 Fakultas Agama PTN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Ketua Forum Rektor PTKIN Babun Suharto menjelaskan minat calon mahasiswa untuk masuk PTKIN sangat tinggi. Tahun ini, tercatat ada 182.890 pendaftar SPAN-PTKIN dari 11.920 sekolah.

Kata dia, siswa pelamar diberi kesempatan untuk memilih dua PTKIN yang diminati. Pada masing-masing PTKIN pilihannya, mereka dapat memilih dua program studi yang diminati. Urutan pilihan PTKIN dan program studi yang telah dipilih menjadi prioritas pilihan.

“Dari jumlah total pendaftar tersebut, telah diumumkan 69.617 siswa dinyatakan lulus seleksi SPAN-PTKIN 2021," jelasnya dalam keterangan resmi Kemenag, Senin (12/4/2021).

Dia mengatakan peserta dapat mengecek kelulusan pada web http://pengumuman.span-ptkin.ac.id. Hasilnya dapat dicek dengan memasukkan nomor pendaftaran peserta.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua SPAN-PTKIN Mahmud yang juga Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengatakan bahwa terdapat perbedaan sistem seleksi pada tahun ini. Tahun ini, panitia melakukan verifikasi prestasi akademik dan non-akademik di masing-masing PTKIN.

“Ke depan, dengan evaluasi yang terus dilakukan, tim SPAN-PTKIN perlu meningkatkan mutu dan sistem pendaftaran yang dapat terintegrasi, misalnya dengan DAPODIK [Data Pokok Peserta Didik] Kemendikbud dan EMIS [Education Management Information System] Kementerian Agama,” jelasnya.

Selain itu, peserta yang telah lulus seleksi diwajibkan untuk mengikuti proses verifikasi dan pendaftaran ulang yang ditetapkan oleh masing-masing PTKIN.

Adapun, pendaftaran SPAN PTKIN dibuka sejak 19 - 27 Februari 2021. Penilaian tahap I digelar 1 - 5 April 2021. Untuk tahap II, penilaian digelar 6 - 8 April 2021. Jalur SPAN-PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis. Seluruh peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perguruan tinggi kemenag ptkin
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top