Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amien Rais Tuding Jokowi Jalankan Kekuasaan dengan 4B, Apa Maksudnya?

Amien Rais menuding Presiden Jokowi menerapkan empat cara untuk melanggengkan kekuasannya.
Mantan Ketua MPR Amien Rais/Youtube
Mantan Ketua MPR Amien Rais/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Politikus senior Amien Rais menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) aneh karena berusaha melanggenggkan kekuasaan dengan empat kekuatan yang disebutnya 4B yaitu bullet (kekuatan senjata), banditry (perbanditan), buzzer, dan big lie (kebohongan besar).

Pendiri Partai Ummat ini menyampaikan bahwa bukti Jokowi menggunakan kekuatan senjata (bullet) adalah melalui dihidupkannya kembali Pam Swakarsa untuk menakut-nakuti masyarakat.

“Kita juga melihat pada rezim pak Jokowi ini misalnya nasib Papua Barat dan Papua semakin tidak menentu,” kata Amien dikutip dari YouTube Amien Rais Official, Sabtu (13/3/2021).

Kekuatan kedua yang digunakan sang Presiden, sambungnya, adalah banditry atau perbanditan.

Mantan Ketua MPR RI ini menilai perbanditan yang ada saat ini sangat kuat dalam menggasak kekayaan alam Indonesia tetapi dibiarkan oleh negara. Lalu, kata Amien, kekuatan ketiga adalah buzzer.

Buzzer ini adalah sekelompok orang yang menjual dirinya secara murah untuk membengkokkan yang lurus dan meluruskan yang bengkok,” katanya.

Lalu yang keempat, adalah big lie atau kebohongan besar terhadap janji-janji kampanye sang Presiden.

Dia mengatakan bahwa kebohongan besar tidak pernah diakui pemerintah tapi rakyat mencatatnya seperti mobil lokal yang mampu bersaing dengan produk asing, ekonomi yang terus menurun dan beberapa janji lain yang tidak ditepati.

“Itu memang tidak boleh diteruskan karena saya khawatir sooner rather than later maka selubung yang nampak bagus dari luar akhirnya akan terbuka, akan terkuak, dan akan membuat rakyat kaget,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper