Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkumham Minta Akhiri Konflik Internal KNPI

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly meminta konflik internal organisasi kepemudaan tersebut segera diakhiri dengan menggelar kongres bersama.
Menkumham Yasona Laoly dan jajaran tiga kubu pengurus KNPI
Menkumham Yasona Laoly dan jajaran tiga kubu pengurus KNPI

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly meminta konflik internal organisasi kepemudaan tersebut segera diakhiri dengan menggelar kongres bersama.

Konflik internal KNPI bermula munculnya tiga kepengurusan di bawah pimpinan Mustahuddin (Plt Ketua Ketua Umum menggantikan Haris Pratama), Noer Fajrieansyah, dan Abdul Aziz. Konflik tersebut pun mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Sementara dari internal KNPI sebelumnya sudah sepakat untuk islah. Tiga kubu kepengurusan Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) sepakat untuk menggelar Kongres yang didahului dengan Rapimpurnas pada tahun ini.

Menkumham Yasonna Laoly mendukung upaya yang dilakukan tiga faksi pengurus KNPI tersebut dalam pertemuan di kantor Kemenkumham, Selasa (9/3/2021).

Ketiga kubu pengurus KNPI itu menunjukkan surat perjanjian kesepakatan bersama yang telah ditandatangani masing-masing oleh Ketua Umum dan Sekjen tertenggal 9 Maret 2021.

Dalam salinan surat perjanjian kesepakatan bersama itu ketiga faksi bersepakat untuk melaksanakan Rapimpurnas dan Kongres Pemuda/KNPI XXI Tahun 2021 secara bersama-sama dan mengakhiri konflik KNPI. Kongres bersama akan diselenggarakan melalui pembentukan kepanitiaan bersama.

Berbagai pihak yang tandatangan dalam surat tersebut yakni Plt Ketua Umum DPP KNPI Mustahuddin dan Sekjen Jackson Aw Kumaat; Ketua Umum DPP KNPI Noer Fajrieansyah dan Sekjen Addin Jauharudin; Ketua Umum DPP KNPI Abdul Azis dan Sekjen Yamitema Tirtajaya Laoly; dan mengetahui Menkumham Yasonna Laoly.

Yasonna menyambut baik keinginan pengurus KNPI yang sudah berencana menggelar Kongres bersama demi penyatuan pemuda Indonesia.

“Saya meminta kepada adik-adik Pengurus KNPI dari ketiga kubu untuk segera menyatukan diri, membuat kongres dan menjadi satu seperti semula. Saya dukung program penyatuan kongres bersama KNPI bersatu," kata Yasonna dalam keterangan tertulis, Kamis (11/3/2021).

Plt. Ketua Umum DPP KNPI Mustahuddin mengatakan dukungan Menkumham terhadap rencana kongres bersama memberikan angin segar terhadap upaya mengakhiri konflik di internal organisasi kepemudiaan tersebut.

"Alhamdulillah Pak Menteri Yassona sangat mengapresiasi niat dan tekad persatuan pemuda Indonesia khususnya terkait eksistensi KNPI, karena itu kami berterima kasih dan akan menindaklanjuti arahan dan nasehat dari Pak Menteri untuk tetap menjaga komitmen kebersamaan ini demi dan untuk Persatuan Pemuda dan mengembalikan kejayan KNPI," ujarnya.

Sekjen KNPI Jackson Kumaat mengapresiasi semua kebesaran hati semua pihak untuk mengakhiri konflik. Menurutnya, persatuan pemuda dibutuhkan pada saat ini terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper