Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Manfaat Mencatat dan Memantau Gejala Selama Isolasi Mandiri

Dengan aktivitas memantau gejala-gejala dan membuat catatan harian penderita Covid-19 akan memiliki “mainan” yang cukup mengasyikkan.
Ilustrasi - Petugas kesehatan memeriksa spesimen untuk pemeriksaan Covid-19 di laboratorium kesehatan./Antara
Ilustrasi - Petugas kesehatan memeriksa spesimen untuk pemeriksaan Covid-19 di laboratorium kesehatan./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Penderita Covid-19 ringan dan sedang yang menjalani isolasi kerap merasa sepi dan terkucil.

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan bahkan akan bermanfaat bagi orang lain. Salah satu kegiatan tersebut adalah mencatat dan memantau gejala yang dialami sehari-hari.

Dengan aktivitas memantau gejala-gejala dan membuat catatan harian penderita Covid-19 akan memiliki “mainan” yang cukup mengasyikkan.

Selain itu, catatan tersebut berguna bagi tenaga medis dalam merawat pasien Corona.

“Rekaman gejala harian akan memberikan gambaran bagi tenaga medis untuk menentukan tingkat perawatan yang tepat serta bagi peneliti yang masih berusaha mempelajari virus ini,” demikian ditulis di situs KawalCovid.id, dipantau Sabtu (6/3/2021).

Untuk penderita Covid-19, catatan harian  ini juga bisa menjadi semacam self-therapy.

Pasalnya, dengan mencatat apa yang dirasakan, penderita Covid-19 dapat  mengurangi kecemasan serta mengetahui hal-hal yang meringankan atau memperburuk gejala yang dialami.

“Dengan mencatat gejala harian yang timbul, diharapkan Anda dapat mewaspadai gejala-gejala yang penting dan menggunakan catatan tersebut untuk membantu Anda atau dokter yang menangani  Anda dalam mengambil keputusan,” tulis situs ini.

Menulis, menggambar, atau bahkan asal mencoret saja akan menjadi media ekspres yang membantu menyalurkan kecemasan atau kebosanan Anda selama menjalani isolasi mandiri.

Jika Anda suka menulis fiksi, masa isolasi mandiri juga bisa menjadi momen bagi Anda untuk melahirkan sebuah karya besar, yang Anda sendiri mungkin tidak pernah membayangkan sebelmnya.

Jangan lupa, selama menjalani isolasi mandiri sediakan minimal termometer. Kalau memungkinkan, sediakan alat lain, seperti pengukur tekanan darah dan pengukur kadar O2 dalam darah (pulse oximeter), untuk membantu menilai gejala-gejala yang mengindikasikan hipoksia (kondisi kekurangan oksigen pada tubuh manusia) dengan lebih akurat.

Perhatikan juga bila ada perubahan dari hari ke hari dalam urine dan buang air besar.

Gunakanlah obat-obatan yang sudah Anda siapkan untuk mengurangi gejala-gejala yang Anda alami.

Memantau Gejala Harian

KawalCovid.id menyebutkan bahwa virus SARS-CoV-2 menyerang sel tubuh melalui enzym ACE-2 yang terdapat di membran sel-sel organ tubuh manusia.

Selain paru-paru, Covid-19 seringkali bermanifestasi pada organ-organ lain seperti  ginjal,  hati, dan pada beberapa kasus, jantung dan otak.

Disebutkan bahwa ada lebih dari 20 gejala yang dilaporkan penderita Covid-19, hal ini menegaskan bahwa infeksi SARS-COV-2 bukanlah flu biasa.

Dengan mencatat gejala-gejala yang dialami, akan ada data kapan suatu gejala muncul, bagaimana tingkat keparahannya, seperti apa perubahan hariannya apakah memburuk atau membaik.

Catatan harian Anda akan sangat membantu petugas yang melakukan pendampingan dan pengecekan pasien yang menjalani isolasi mandiri setiap hari.

Jurnal harian ini juga bisa digunakan untuk mencatat perasaan dan pikiran Anda. Ini berguna  untuk mencegah kecemasan atau cabin fever.

Bila Anda merasakan kecemasan atau stres yang sudah sangat mengganggu, sebaiknya hubungi terapis online untuk mengemukakan keluhan Anda.

Tapi, sebelum gejala itu muncul dan membuat Anda merasa tidak berdaya, mulailah mencatat sejak hari pertama menjalankan isolasi mandiri.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : KawalCOVID19.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper