Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkes Siapkan 2 Pusat Layanan Kesehatan untuk Korban Gempa Sulbar

Pihak TNI turut terlibat dalam pengoperasian Rumah Sakit Kapal yang digunakan untuk pelayanan kesehatan masyarakat terdampak bencana gempa di Sulawesi Barat.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 20 Januari 2021  |  12:09 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang mengalami kerusakan karena gempa di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (19/1/2021). - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo meninjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang mengalami kerusakan karena gempa di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (19/1/2021). - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan menyiapkan dua pusat layanan kesehatan untuk melayani masyarakat yang terdampak gempa M6,2 di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Kepala Pusat Krisis Kemenkes Budi Sylvana menyampaikan bahwa dua pusat pelayanan kesehatan tersebut adalah Rumah Sakit Kapal dan Puskesmas.

“Dua pusat layanan kesehatan yang dapat digunakan masyarakat yaitu Rumah Sakit Kapal dan Puskesmas,” kata Budi dalam Konferensi Pers dikutip dari laman BNPB, Rabu (20/1/2021).

Lebih lanjut, dia juga mengungkapkan bahwa pihak TNI turut terlibat dalam pengoperasian Rumah Sakit Kapal yang digunakan untuk pelayanan kesehatan masyarakat terdampak.

"Pihak TNI turut membantu satu Rumah Sakit Kapal dari Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Soeharso-990 (SHS-990) dari Komando Armada II (Koarmada II) Surabaya yang saat ini sudah di Mamuju" ungkapnya.

Selain itu, ada tambahan satu rumah sakit terapung dari Airlangga Surabaya yang diharapkan bisa segera dioperasikan untuk pelayanan kesehatan.

Selanjutnya, Budi juga memastilan bahwa tiga puskesmas yang ada di Kabupaten Mamuju juga telah mulai beroperasi kembali.

Sementara terkait pelayanan rumah sakit, dari total empat rumah sakit yang ada di Kabupaten Mamuju, hanya dua rumah sakit yang dapat beroperasi, yaitu Rumah Sakit Regional dan Rumah Sakit Bhayangkara.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa rumah sakit kemenkes sulbar
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top