Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 4 Prioritas Risma sebagai Mensos, Termasuk Pendidikan Anak Terlantar

Tri Rismaharini, yang baru saja diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial, menyampaikan sejumlah program prioritasnya di Istana Merdeka, Selasa (22/12/2020).
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  20:34 WIB
Tri Rismaharini, memberikan keterangan per usai diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial yang baru, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12 - 2020).
Tri Rismaharini, memberikan keterangan per usai diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial yang baru, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12 - 2020).

Bisnis.com, JAKARTA - Tri Rismaharini, yang baru saja diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial yang baru, berjanji untuk memperbaiki data penerima bantuan sosial saat berpidato di Istana Merdeka usai diumumkan masuk dalam daftar perombakan kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020).

Dalam pidato singkatnya, Risma mengungkapkan terdapat empat program prioritas yang akan dicanangkan selama mengemban amanah sebagai Menteri Sosial yang baru. Pertama, perbaikan data untuk penerima bantuan sosial dengan bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri dan perguruan tinggi.

“Akan sangat lebih baik kalau kami melibatkan perguruan tinggi juga di dalam implementasi kami di lapangan, sehingga output atau goal-nya bisa bisa dilihat dan bisa kita lakukan evaluasi bersama dengan perguruan tinggi,” katanya.

Kedua, program pemberdayaan bagi anak-anak terlantar dan fakir miskin. Anak-anak akan didorong tidak hanya sekedar menengadahkan tangan, tetapi dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat. Program ini termasuk bagi kalangan disabilitas dan anak jalanan.

Ketiga, program pemberdayaan bagi keluarga miskin dengan bekerjasama dengan beberapa Kementerian, seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian.

Yang utama adalah dengan membentuk koperasi di tingkat desa, kelurahan, hingga kecamatan dengan memanfaatkan para ibu untuk meningkatkan pendapatan dan mengurangi pengeluaran keluarga.

“Tentunya kalau kita bisa bersama-sama percepatan untuk pengurangan kemiskinan dan untuk warga yang membutuhkan seperti penyandang disabilitas dan masalah sosial bisa ditangani secara komprehensif dan terintegrasi,” paparnya.

Keempat, jaminan pendidikan dan kesehatan bagi anak-anak terlantar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Dalam konferensi persnya, Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan telah menetapkan penggantian menteri di sejumlah posisi. Total ada 6 pos menteri yang dirombak oleh Presiden Jokowi.

Adapun, pelantikan para menteri baru akan dilaksanakan besok, Rabu (23/12/2020) pagi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Reshuffle Kabinet walikota surabaya tri rismaharini kemensos Kabinet Jokowi-Ma'ruf
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top