Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Real Count KPU 100 Persen, Sugianto-Edy Menang di Pilgub Kalteng

Hasil real count menunjukkan bahwa paslon yang mendapatkan perolehan suara terbanyak ialah Sugianto-Edy yaitu 51,5 persen atau 535.189 suara.
Pilkada Kalteng/KPU
Pilkada Kalteng/KPU

Bisnis.com, JAKARTA - Penghitungan suara atau real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap Pemilihan Gubernur di Provinsi Kalimantan Tengah telah mencapai 100 persen pada Jumat (18/12/2020).

Kontestasi Pilgub Kalimantan Tengah ini diikuti oleh dua pasangan calon yaitu pasangan nomor urut satu Ben Brahim-Ujang Iskandar dan paslon nomor urut dua yaitu Sugianto Sabran-Edy Pratowo.

Pertarungan antara keduanya dalam memperebutkan suara di Pilgub Kalteng ini cukup sengit. Hal itu terlihat dari perbedaan perolehan suara yang hanya selisih tipis.

Hasil real count menunjukkan bahwa paslon yang mendapatkan perolehan suara terbanyak ialah Sugianto-Edy. Pasangan tersebut meraih 51,5 persen suara atau 535.189 suara.

Adapun, paslon Ben-Ujang meraup perolehan suara 48,5 persen atau 503.363 suara.

Berdasarkan data KPU, paslon Sugianto-Edy yang berhasil memperoleh suara terbanyak di sembilan daerah dari total 14 daerah di Provinsi Kalteng.

Sugianto-Edy meraih suara terbanyak di Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Kapuas, Barito Selatan, Barito Utara, Seruyan, Sukamara, Pulang Pisau, dan Murung Raya.

Sementara itu, paslon Ben-Ujang tercatat meraih suara terbanyak di lima daerah sisanya yaitu Katingan, Lamandau, Gunung Mas, Barito Timur dan Palangkaraya.

Pada Pilkada Serentak 2020 ini paslon Sugianto-Edy diusung oleh 8 partai politik termasuk PDIP dan Golkar, sedangkan pasangan Ben-Ujang didukung oleh Partai Demokrat, Hanura dan Gerindra.

Untuk diketahui, Sugianto Sabran merupakan calon petahana yang saat ini masih menjabat sebagai Gubernur Kalteng. Dia menjabat Gubernur Kalteng sejak 25 Mei 2016. Adapun, pasangannya Edy Pratowo merupakan Bupati Pulang Pisau.

Sementara itu, pesaing Sugianto, Ben Brahim merupakan Bupati Kapuas dan pasangannya Ujang Iskandar merupakan mantan Bupati Kotawaringin Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper