Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Eks Ketua MK Hamdan Zoelva Dorong Penyelidikan Tewasnya 6 Laskar FPI

Komnas HAM tengah membentuk tim investigasi untuk mengungkap kebenaran terkait insiden penembakan itu.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 08 Desember 2020  |  11:38 WIB
Hamdan Zoelva, Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI.  - BISNIS.com
Hamdan Zoelva, Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI. - BISNIS.com

Bisnis.com, JAKARTA — Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva mendorong adanya penyelidikan mendalam atas peristiwa kematian enam simpatisan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab setelah ditembak oleh aparat dari Polda Metro Jaya.

“Hukum harus ditegakkan dengan adil, tidak dengan kekerasan, penggunaan senjata untuk penegakan hukum harus proposional tidak berlebihan. Perlu penyelidikan mendalam atas peristiwa itu,” cuit Hamdan melalui akun twitter pribadinya pada Selasa (8/12/2020).

Ihwal insiden penembakan itu, dia turut prihatin dan menyampaikan rasa duka yang mendalam atas tewasnya enam simpatisan Rizieq tersebut.

“Duka cita dan keprihatinan mendalam atas tewasnya enam anak bangsa dalam insiden kepolisian dan FPI,” cuitnya.

Saat ini, Komnas HAM tengah membentuk tim investigasi untuk mengungkap kebenaran terkait insiden penembakan yang terjadi terhadap enam orang laskar FPI di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 50.

Wakil Ketua Komnas HAM Choirul Anam menyebut, bahwa tim investigasi sudah mulai bergerak untuk mengumpulkan seluruh informasi terserak di ruang publik ihwal insiden penembakan yang terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 50 Senin (7/12/2020) dini hari.

"Komnas HAM lewat pemantauan dan penyelidikan telah membuat tim investigasi untuk mendalami informasi yang beredar di publik," tutur Anam, Senin (7/12/2020).

Menurut dia, tim investigasi Komnas HAM bakal menggali seluruh keterangan dari kepolisian dan ormas FPI untuk mengungkap peristiwa yang terjadi terhadap enam orang Laskar FPI yang tewas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 50 tersebut.

Seperti diberitakan, pihak Polda Metro Jaya menyatakan bahwa enam simpatisan Habib Rizieq Shihab menyerang petugas menggunakan senjata tajam dan senjata api.

Aparat kemudian melakukan tindakan tegas dan terukur hingga enam orang simpatisan Habib Rizieq tewas.

Namun, versi FPI dalam keterangan resminya menyebut, bahwa enam laskar FPI itu diculik dan dibunuh. Para laskar itu tidak dibekali senjata api.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fpi habib rizieq hamdan zoelva
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top