Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Amalan Nabi Muhammad SAW di Hari Jumat

Dan kemulian hari Jumat dibuktikan dengan banyaknya ragam ibadah sunah yang dikerjakan khusus pada hari tersebut.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 27 November 2020  |  12:28 WIB
Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa

Bisnis.com, JAKARTA - Jumat merupakan hari paling mulia dibanding hari lain. Pada hari itu pula seluruh umat Islam, khususnya laki-laki, melaksanakan ibadah ke masjid untuk menunaikan shalat Jumat.

Dan kemulian hari Jumat dibuktikan dengan banyaknya ragam ibadah sunah yang dikerjakan khusus pada hari tersebut.

Dalam beberapa riwayat dikisahkan bahwa Nabi Muhammad SAW melakukan aktivitas tertentu di hari Jumat. Aktivitas tersebut tidak melulu bersifat ritual, semisal  wiridan, doa, shalat, dan sejenisnya. Akan tetapi, juga suka mengerjakan ibadah yang bersifat sosial.

Dikutip dari nu.or.id, Al-Suyuthi dalam kitabnya, ‘Amal Yaum wa Lailah memberikan keterangan bahwa Nabi SAW membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas usai shalat Jumat sebanyak tujuh kali dan beliau juga memperbanyak shalawat pada hari Jumat dan malamnya.

Ia juga mengerjakan shalat sunah setelah shalat Jumat di rumahnya, tidak di masjid. Setelah itu apa yang dilakukan Nabi SAW? Beliau mengunjungi saudaranya, menjenguk orang sakit, menghadiri penyelenggaraan jenazah, atau menghadiri akad nikah.

Nabi SAW mengajarkan kepada umatnya agar membiasakan membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas sebanyak tujuh kali setelah shalat Jumat, serta memperbanyak shalawat. Usai membaca kalimat suci tersebut dan melantunkan doa, biasanya beliau melakukan shalat sunah di rumahnya.

Hari Jumat juga dijadikan Rasulullah SAW sebagai momentum untuk silaturahim kepada sanak-famili. Semisal, mengunjungi yang sedang sakit ataupun ditimpa musibah, membantu proses penyelenggaraan jenazah, atau menghadiri akad nikah.

Begitulah kebiasaan yang dilakukan Nabi di hari Jumat. Perpaduan antara ibadah murni dengan kegiatan sosial. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nabi muhammad doa
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top