Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Suksesi Panglima TNI, Pangdam Jaya Jadi Apa? Ini Kata Pengamat

Mungkin saja Mayjen TNI Dudung Abdurachman menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, asal syaratnya terpenuhi.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 25 November 2020  |  19:23 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. - Istimewa
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Panglima TNI Hadi Tjahjanto akan segera memasuki masa purnabakti atau pensiun sebagai perwira aktif.

Hal itu mendorong berbagai asumsi tentang siapa yang berpeluang mengambil alih tongkat komando TNI. Di masyarakat muncul dugaan bahwa Kasad Jenderal Andika Perkasa berpeluang menjadi Panglima TNI. Sejauh ini, belum ada nama lain yang disebut-sebut publik.

Sementara itu, menurut Pakar Komunikasi Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio, rotasi pengisi jabatan Panglima TNI harus dilakukan. 

“Sebetulnya suksesi itu Pak Jokowi lebih paham, tapi di kalangan masyarakat beredar bahwa ada baiknya kalau panglima itu bergantilah dari Angkatan Darat [Gatot Nurmantyo], Pak Hadi [Tjahjanto] dari Angkatan Udara, sekarang giliran Angkatan Laut,” kata Hendri kepada Bisnis, Rabu (25/11/2020).

Suksesi di tubuh TNI biasanya akan diikuti dengan pergeseran di jajaran bawahnya. Lantas, Pangdam Jaya saat ini Mayjen TNI Dudung Abdurachman akan menempati posisi apa? 

Ihwal peluang karir Panglima Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Dudung Abdurachman yang belakangan ramai diberitakan, Hendri menyampaikan pandangannya.

Hendri mengatakan mungkin saja Mayjen TNI Dudung Abdurachman menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad). Tapi, syaratnya harus sudah terpenuhi dulu, salah satunya pangkat terakhir.

“Kalau ditanya Pak Dudung berpeluang apa ga [menjadi Kasad] ya selama level bintang mencukupi maka berpeluang. Terserah Pak Jokowi aja kan,” katanya.

Jabatan Kasad minimal dipegang oleh Perwira Tinggi (Pati) bintang empat dengan pangkat Jenderal TNI. Sementara itu, untuk posisi Wakasad ditempat Perwira Tinggi bintang tiga dengan pangkat Letnan Jenderal TNI.

Seperti diberitakan sebelumnya, nama Dudung belakangan tenar di masyarakat lantaran berani memerintahkan penurunan baliho Rizieq Shihab.

Dudung diketahui baru menjabat menjadi Pangdam Jaya pada Juli 2020 lalu. Dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal, Dudung menggantikan Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono yang kini menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tni panglima tni Pangdam Jaya
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top