Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

UNJ Tetap Gelar Wisuda dengan Robot Sebagai Pengganti Mahasiswa

Tim Komunitas Robotik Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggunakan robot sebagai pengganti mahasiswa dalam prosesi wisuda tahun akademik 2019/2020.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 22 November 2020  |  15:01 WIB
Robot dari Tim Komunitas Robotik Fakultas Teknik UNJ sebagai pengganti wisudawan pada Wisuda Virtual UNJ 112 2020 - Istimewa/Dok.Pribadi
Robot dari Tim Komunitas Robotik Fakultas Teknik UNJ sebagai pengganti wisudawan pada Wisuda Virtual UNJ 112 2020 - Istimewa/Dok.Pribadi

Bisnis.com, JAKARTA – Tim Komunitas Robotik Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggunakan robot sebagai pengganti mahasiswa dalam prosesi wisuda tahun akademik 2019/2020.

Panitia wisuda UNJ Semester Genap 112 Tahun Akademik 2019/2020 Shandy Aditya mengatakan langkah tersebut dipilih untuk menghindari keramaian dan kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

"Kombinasi digital, menjaga jarak, serta robotik, konsep kekinian menjadi salah satu bukti bahwa UNJ siap dengan kegiatan normal baru dan kami akan terus mengevaluasi dan berinovasi dalam kegiatan-kegiatan di masa mendatang” katanya saat dihubungi Bisnis, Minggu (22/11/2020).

Lebih lanjut Shandy menjelaskan bahwa wisuda tersebut merupakan inovasi yang merefleksikan daya saing dari mahasiswa kampus tersebut.

"Wisuda virtual UNJ 112 ini adalah bukti bahwa UNJ siap bersaing secara konstruktif dengan universitas lain untuk menghasilkan lulusan yang tangguh, adaptif, dan solution based minded,” katanya.

Shandy mengatakan penggunaan robot pengganti mahasiswa ini juga dilakukan pada prosesi wisuda virtual Semester Genap 112 dan pada wisuda virtual Semester Genap 111 pada 20 Oktober 2020.

Dia menjelaskan mayoritas mahasiswa yang diwisuda mengikuti prosesi tersebut melalui aplikasi zoom. Kemudian untuk prosesi membalikkan tali di topi toga, UNJ menggunakan robot yang didandani seperti mahasiswa.

Robot yang digunakan sebagai pengganti mahasiswa yang hadir secara virtual adalah sejumlah dua unit. Dua robot ini menambah dua orang perwakilan mahasiswa dalam acara wisuda itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisuda Universitas Negeri Jakarta
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top