Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Visa Umrah Terbit Lagi, Jemaah Indonesia Mulai Berangkat 22 November

Penutupan akses visa umrah bagi jemaah Indonesia sebelumnya dilakukan pemerintah Arab Saudi untuk evaluasi setelah setelah 13 jemaah asal Tanah Air positif Covid-19. 
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 19 November 2020  |  12:25 WIB
Calon Jamaah Umroh meninggalkan bandara setelah mendapat kepastian gagal berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Calon Jamaah Umroh meninggalkan bandara setelah mendapat kepastian gagal berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Arab Saudi akhirnya kembali menerbitkan visa umrah bagi jemaah Indonesia setelah sebelumnya menutupnya untuk sementara.

Penutupan akses visa umrah bagi jemaah Indonesia itu direalisasikan lantaran pemerintah Arab Saudi melakukan evaluasi setelah ada 13 jemaah asal Tanah Air yang positif Covid-19. 

Mereka merupakan jemaah dari dua penerbangan pertama yaitu penerbangan 1 dan 3 November, sedangkan jemaah pada penerbangan 8 November asal Indonesia dipastikan nihil kasus Covid-19. 

Dengan pembukaan kembali akses itu, maka jemaah umrah Tanah Air akan kembali terbang ke Jeddah mulai 22 November mendatang. 

Hal itu diinfokan Kabid Umrah Asosiasi Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) sekaligus CEO Khazzanah Tours Zaky Zakaria. Dia memastikan per hari ini visa umrah jemaah mulai diterbitkan.

“Alhamdulillah per hari ini tanggal 19 November 2020, visa jemaah umrah Indonesia sudah mulai terbit Insya Allah akan berangkat di tanggal 22 November,” katanya melalui keterangan resmi, Kamis (19/11/2020).

Amphuri menyampaikan terima kasih kepada Kerajaan Arab Saudi dan Kementerian Agama terkait pelaksanaan umrah ini. Pihaknya mengaku akan terus berkoodinasi dengan pemerintah terkait pedoman penyelenggaraan umrah di tengah pandemi.

Dia menyebut Keputusan Menteri Agama No. 719/2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah Pada Masa Pandemi Covid-19 telah menjelaskan secara detail pelaksanaan umrah agar jemaah tetap terjaga.

“Insya Allah Amphuri akan terus bekerja sama dan berkordinasi dengan Pemerintah/Kemenag dalam penyelenggaraan umrah dan haji,” terangnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arab saudi umrah Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top