Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asean Teken Perjanjian Persahabatan dengan Kolombia, Afsel, dan Kuba

Dengan begitu, saat ini sudah ada 43 negara yang telah mengakses perjanjian Treaty of Amity and Cooperation (TAC) dengan Asean.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 10 November 2020  |  16:29 WIB
Menlu Retno LP Marsudi bersama Menlu negara-negara Asean lainnya, menandatangani Instrument of Extension of the Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC) dgn 3 negara yaitu Kuba, Kolombia, dan Afrika Selatan, Selasa (10/11/2020) - Twitter/@Kemlu_RI
Menlu Retno LP Marsudi bersama Menlu negara-negara Asean lainnya, menandatangani Instrument of Extension of the Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC) dgn 3 negara yaitu Kuba, Kolombia, dan Afrika Selatan, Selasa (10/11/2020) - Twitter/@Kemlu_RI

Bisnis.com, JAKARTA - Sepuluh negara Asean menandatangani perjanjian Treaty of Amity and Cooperation (TAC) dengan Kolombia, Afrika Selatan dan Kuba.

Hal ini dilakukan dalam pertemuan rangkaian pertemuan pertemuan Asean tingkat Menteri, yaitu Asean Ministerial Meeting, Asean Political Security Council dan Asean Coordinating Council pada Selasa (10/11/2020). 

"Aksesi Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia atau TAC oleh tiga negara, yaitu Kolombia, Afrika Selatan dan Kuba. Dengan itu, maka saat ini 43 negara telah mengakses TAC," kata Menlu Retno dalam press briefing, Selasa (10/11/2020).

Dikutip dari Twitter resmi KemenluKe-3 negara tersebut masing-masing diwakili menteri luar negerinya. Kesepakatan itu pun menjadi yang pertama kalinya dilakukan via telekonferensi video.

Selain membahas berbagai perkembangan terakhir yang terjadi di kawasan dan dunia, para Menlu Asen juga membahas persiapan rencana KTT ASEAN dan KTT lainnya dengan mitra Asean pada Kamis hingga Minggu mendatang.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean ke-37 dengan sejumlah negara seperti Korea Selatan, Jepang, China, dan India pada pekan depan. Salah satu agenda utamanya membahas membangun kembali konektivitas antar negara.

Presiden Jokowi akan mengikuti tujuh KTT melalui video conference antara lain KTT Pleno Asean ke-37, KTT Asia Timur ke-15, KTT Asean Plus Three ke-23, KTT Asean dengan RRT ke-23, KTT Asean dengan Korea Selatan ke-21, KTT Asean dengan Jepang ke-23 serta KTT Asean dengan India ke-17.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan salah satu inisiatif yang diusung oleh Indonesia pada KTT ini adalah upaya membangun komitmen bersama Asean untuk segera membuka kembali konektivitas dan memulihkan kegiatan ekonomi di Asean melalui Asean Travel Corridor Arrangement (TCA). 

Adapun, KTT Asean ke-37 akan diselenggarakan pada 12 - 15 November 2020. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenlu asean afrika selatan kuba kolombia
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top