Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Refly Harun Sebut Fadli Zon sebagai Alien. Kenapa?

Refly Harun menilai sikap Fadli yang masih lantang mengkritisi kebijakan pemerintah justru anomali dengan sikap Gerindra yang menjadi koalisi pemerintah
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 05 November 2020  |  15:54 WIB
Refly Harun - Antara
Refly Harun - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menyebut Politikus Partai Gerindra Fadli Zon sebagai alien karena sikapnya.

Pasalnya, Refly menilai sikap Fadli yang masih lantang mengkritisi kebijakan pemerintah justru anomali dengan sikap Gerindra yang menjadi koalisi pemerintah.

“Fadli Zon seperti alien, makhluk asing yang ditanam. Partainya merapat ke pemerintah, bahkan Ketua Umumnya menjadi Menteri Pertahanan dan orang yang dipercaya Jokowi. Tapi Fadli Zon senantiasa melontarkan kritik [kepada pemerintah],” ujarnya melalui akun YouTube pribadinya, Kamis (5/11/2020).

Namun, dia juga masih melihat ada sikap partai yang juga senada dengan sikap Fadli salah satunya terkait dukungan terhadap menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution yang maju menjadi calon Wali Kota Medan.

Dalam video berdurasi sekitar 26 menit tersebut, Refly juga mengomentari penganugerahan Bintang Mahaputera oleh Presiden Jokowi kepada para tokoh yang dikenal kritis seperti Fahri Hamzah, Fadli Zon, dan yang terakhir Gatot Nurmantyo.

Dia menyebut pemberian tanda jasa kepada tiga tokoh tersebut bisa jadi menjadi cara untuk meredam aliran kritik pedas terhadap kebijakan pemerintah.

“Pemberian tanda jasa kepda Fahri Hamzah, Fadli Zon, dan Gatot Nurmantyo bisa jadi dalam rangka untuk ‘menjinakkan’ mereka-mereka ini yang memang sering menyampaikan kritik yang luar biasa,” jelas Refly.

Kecurigaan Refly terkait dengan momentum pemberian tanda jasa Bintang Mahaputra kepada Gatot Nurmantyo dinilai tidak biasa karena dilakukan pada November.

Padahal, pemberian tanda jasa lazim diberikan pada saat perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia atau pada bulan Agustus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Fadli Zon Gatot Nurmantyo Refly Harun
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top