Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Upaya Pemda Salatiga Lindungi Buruh di Masa Pandemi

Dia juga mengatakan kegiatan industri di Salatiga juga harus sesuai ketentuan protokol kesehatan misalnya untuk pelayanan kesehatan, rumah sakit, obat, dan lain-lain. 
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 Oktober 2020  |  17:24 WIB
Sejumlah pengendara melintas di Jalan Lingkar Salatiga (JLS), Salatiga, Jawa Tengah, Senin (4/7).  - Antara
Sejumlah pengendara melintas di Jalan Lingkar Salatiga (JLS), Salatiga, Jawa Tengah, Senin (4/7). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Salatiga menyoroti pentingnya memperhatikan nasib tenaga kerja selama pandemi COVID-19.

Dia juga mengatakan kegiatan industri di Salatiga juga harus sesuai ketentuan protokol kesehatan misalnya untuk pelayanan kesehatan, rumah sakit, obat, dan lain-lain. 

Yuliyanto mengakui bahwa sektor industri secara umum termasuk juga sigaret kretek tangan (SKT) dan kuliner ikut terdampak.

Berdasarkan data, Industri rokok di Salatiga mempekerjakan 1.000 lebih karyawan yang ada di sana.

Karena itu, pemkot berupaya untuk tetap mendukung aktivitas jual beli baik di tingkat bawah dan menengah. “Selama ini hampir 1.000 orang lebih yang dirumahkan atau di-PHK. Ini mengakibatkan ekonomi kita juga agak terpengaruh,” ujarnya.

Yuliyanto mengatakan penyesuaian anggaran difokuskan bagi warga atau pekerja yang terkena PHK dengan memberikan bantuan setiap bulannya. Pemkot juga memberikan sembako dan modal kerja untuk membuat usaha.

Untuk mengatasi situasi ekonomi yang sulit, Yuliyanto mengatakan pihaknya terus memberikan relaksasi untuk meringankan beban warga seperti gratis pembayaran saluran PDAM dan retribusi pajak restoran, rumah makan, dan hotel. “Keringanan pajak PBB juga kita berikan, juga memberikan bantuan kepada UMKM untuk menggiatkan ekonomi di Salatiga,” kata Yuliyanto.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

salatiga pandemi corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top