Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pilkada 9 Desember 2020, Luhut: Laksanakan dan Amankan!

"Kita punya tanggung jawab. Sekecil apapun tanggung jawab kita adalah untuk keamanan republik ini," imbuhnya.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 23 September 2020  |  22:24 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga sebagai Plt Menteri Perhubungan, melakukan inspeksi mendadak. - istimewa
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga sebagai Plt Menteri Perhubungan, melakukan inspeksi mendadak. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut B. Pandjaitan memastikan akan melaksanakan keputusan Pemerintah, DPR RI, dan pihak penyelenggara untuk tetap menyelenggarakan pilkada pada 9 Desember 2020.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pihak terkait lainnya memiliki alasan di balik keputusan penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut.

"Kalau sudah diputuskan, laksanakan [dan] amankan. Saya sebagai tentara, laksanakan dan amankan, tinggal sekarang bagaimana kita memitigasi [kemungkinan terjadinya penularan Covid-19]," katanya dalam acara Mata Najwa yang ditayangkan langsung di Trans7, Rabu (23/9/2020).

Lebih lanjut, pihaknya bersama semua pihak terkait penyelenggaraan pilkada telah mendesain sedemikian rupa jalannya semua tahapan Pilkada untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan.

Dia pun mengimbau kepada seluruh pemimpin politik untuk mendukung jalannya Pilkada yang kondusif sebagai bagian dari penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Kita punya tanggung jawab. Sekecil apapun tanggung jawab kita adalah untuk keamanan republik ini," imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, permintaan penundaan Pilkada terus mengalir dari banyak pihak, termasuk Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan alasan keselamatan masyarakat menjadi yang utama di tengah pandemi Covid-19.

Namun, Pemerintah, DPR RI, dan pihak penyelenggara pemilu tetap sepakat Pilkada diselenggarakan 9 Desember 2020 dengan penerapan protokol kesehatan di setiap tahapannya guna meminimalisir terjadinya penularan Virus Corona.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilkada Serentak Luhut Pandjaitan
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top