Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mahfud MD kenang Hasyim Wahid sebagai Sosok yang Berwawasan Luas

Hasyim Wahid atau Gus Im yang merupakan adik bungsu Presiden ke-4 RI Gus Dur berpulang pada Sabtu (1/8/2020) dini hari di RS Mayapada, Jakarta.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 01 Agustus 2020  |  14:36 WIB
Dokumentasi adik bungsu Gus Dur, almarhum Hasyim Wahid (Gus Im) - Foto Antara / Regina Safri
Dokumentasi adik bungsu Gus Dur, almarhum Hasyim Wahid (Gus Im) - Foto Antara / Regina Safri

Bisnis.com, JAKARTA - Almarhum KH Hasyim Wahid (Gus Im) adalah sosok berwawasan luas, baik di bidang sosial, politik, dan agama.

Seperti itulah sosok adik bungsu Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di mata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

"Almahum Hasyim Wahid (Gus lim), meski tidak seterkenal Gus Dur, adalah adik bungsu Gus Dur yang juga berwawasan luas dalam masalah-masalah sosial, politik, dan keagamaan. Bahkan juga fasih berbicara tentang pembangunan ekonomi," cuitnya melalui akun Twitter @mohmahfudmd, Sabtu (1/8/2020).

Lebih lanjut, Menko Mahfud juga mendoakan agar dosa almarhum diampuni Allah SWT.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Sangat beduka atas wafatnya KH Hasyim Wahid (Gus Iim), adinda KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Semoga Allah mengampuni dosa-dosanya dan memberikan surga kpd almarhum. Allahumma ighfir Iahu warhamhu wa afihi wa'fu anhu," ujarnya.

Gus Im Wafat pada Sabtu, 1 Agustus 2020, pukul 04.18 WIB. Adapun jenazah dishalatkan di rumah duka di Ciganjur, dan kemudian diberangkatkan ke Jombang pada siang ini untuk dimakamkan.

KH Hasyim Wahid, wafat di usia 67 tahun. Keponakannya, Irfan Wahid, mengatakan bahwa pamannya sakit komplikasi ginjal.

Jenazah sosok yang akrab disapa Gus Im ini akan disemayamkan di rumah duka di Ciganjur, Jakarta Selatan dan selanjutnya dimakamkan di Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

Kabar itu langsung disampaikan keponakannya, Irwan Wahid, putra KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah), dalam cuitannya di akun twitternya @ipangwahid.

"Telah berpulang KH. Hasyim bin KH. Wahid Hasyim (Gus Im) pada hari Sabtu pukul 04.18 WIB," cuit akun tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahfud md meninggal nahdlatul ulama gus dur
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top