Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

HUT Bhayangkara: Polri Sumbang 29.722 Kantong Darah ke PMI

Polri menyumbangkan 29.722 kantong darah kepada Palang Merah Indonesia (PMI) dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli nanti.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 29 Juni 2020  |  11:59 WIB
donor darah, ilustrasi - pmi.or.id
donor darah, ilustrasi - pmi.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Polri menyumbangkan 29.722 kantong darah kepada Palang Merah Indonesia (PMI) dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli nanti.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengemukakan bahwa donor darah itu merupakan instruksi langsung dari Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dalam Surat Telegram Rahasia dengan nomor ST/1127/KRP./2020.

Dalam TR tersebut, Kapolri menginstruksikan agar Kasatker dan Kasatwil untuk mendonor darahnya berkoordinasi dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI di wilayahnya masing-masing dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan dan menerapkan jaga jarak atau physical distancing guna mencegah penyebaran Covid-19. 

“Hasil donor darah serentak yang dilakukan 34 Polda serta 500 Polres seluruh Indonesia menghasilkan sebanyak 29.722 kantong darah. Ini sekaligus membantu memenuhi kekurangan stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) dimasa pandemi Covid-19,” tutur Argo dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (29/6/2020).

Argo optimistis satu kantong darah yang telah disumbangkan Polri dapat menyelamatkan tiga nyawa karena pasokan darah itu dapat dipecah menjadi tiga komponen yaitu sel darah merah, plasma dan trombosit. 

“Dengan mendonorkan darah, kita bisa mendapat banyak manfaat bagi kesehatan dan juga dampak psikologis yang sangat positif," katanya.

Seperti diketahui, PMI mengalami kekurangan rata-rata sekitar 900.000 kantong darah per tahun guna menutupi kebutuhan transfusi darah pasien yang membutuhkan di berbagai rumah sakit. Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia Maret 2020 lalu, stok darah di PMI yang semakin berkurang. 

Hal ini karena jumlah pendonor mandiri yang datang ke PMI menurun sejak diberlakukannya protokol kesehatan. Masyarakat yang rutin mendonorkan darahnya khawatir untuk keluar rumah di tengah pandemi yang kian meluas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

donor darah palang merah indonesia hut bhayangkara
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top