Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menkeu Mnuchin: AS Dapat Pulih dari Resesi Akhir Tahun Ini

Presiden Donald Trump menyuarakan optimisme serupa, ketika banyak ekonom mengatakan rebound akan memakan waktu lebih lama.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 24 Juni 2020  |  15:42 WIB
Steven Mnuchin, Menkeu AS - Reuters/Fred Prouser
Steven Mnuchin, Menkeu AS - Reuters/Fred Prouser
Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin memperkirakan resesi ekonomi yang dipicu oleh pandemi virus corona akan berakhir pada akhir tahun ini.

"Ya," tegas Mnuchin singkat dalam sebuah wawancara selama acara virtual Bloomberg Invest Global Selasa (23/6/2020).

Presiden Donald Trump menyuarakan optimisme serupa, ketika banyak ekonom mengatakan rebound akan memakan waktu lebih lama.
Proyeksi ini didorong oleh level pengangguran nasional yang mencapai 13,3 persen menyusul PHK dan penutupan bisnis yang diberlakukan karena perintah tinggal di rumah dan langkah jarak aktivitas sosial.

Trump mengatakan dia tengah mempertimbangkan paket stimulus lanjutan untuk penyelamatan ekonomi yang diperkirakan dirilis dalam beberapa pekan ke depan. Mnuchin mengatakan Kongres juga akan menyetujui stimulus lain pada bulan Juli.

Pemerintahan Trump secara pribadi telah membahas stimulus senilai US$1 triliun untuk merangsang pertumbuhan lapangan kerja setelah pandemi Covid-19.

Trump menandatangani stimulus senilai US$2,2 triliun pada akhir Maret yang menyediakan dukungan penggajian untuk usaha kecil senilai total US$660 miliar, bantuan tunai senilai US$1.200 per keluarga, dan peningkatan tunjangan pengangguran untuk jutaan orang yang kehilangan pekerjaan. 

Sejumlah ekonom mengatakan resesi mungkin sudah berakhir secara teknis, mengingat data menunjukkan pekerjaan dan penjualan ritel mengalami rebound pada Mei, namun efek panjang dari pandemi terhadap ekonomi masih akan bertahan untuk beberapa waktu ke depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Donald Trump pemulihan ekonomi

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top