Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang New Normal, Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Masjid Istana

Presiden Jokowi direncanakan mulai melakukan salat Jumat berjamaah pekan ini di Mesjid Baiturrahman di kompleks Istana Negara.
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan pers usai meninjau persiapan menuju normal baru Masjid Baiturrahim di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/6/2020). -  Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan pers usai meninjau persiapan menuju normal baru Masjid Baiturrahim di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/6/2020). - Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meninjau persiapan Masjid Baiturrahim di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Presiden meninjau persiapan sarana tempat ibadah menuju tatanan normal baru usai pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta usai.

“Kita harapkan dengan penataan, dengan tanda yang jelas, tadi sudah saya lihat, juga dengan kebersihan masjid dengan disinfektan, kita harapkan nanti apabila salat Jumat sudah dimulai lagi di masjid, masjid Baiturrahim sudah siap untuk melaksanakan tatanan normal baru, adaptasi kebiasaan baru,” kata Presiden usai peninjauan.

Jokowi mengatakan dengan tatanan normal baru atau new normal sarana tempat ibadah dapat kembali digunakan. Namun, dengan catatan, dilakukan penerapan protokol kesehatan seperti menjaga jarak juga menjaga kebersihan masjid dengan penyemprotan disinfektan secara berkala.

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menyatakan ibadah salat Jumat secara berjamaah di masjid di Jakarta bisa mulai kembali digelar pekan ini atau Jumat (5/6/2020).

Keputusan telah disepakati bersama Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Namun, hal itu dilakukan dengan catatan kebijakan PSBB di DKI Jakarta tidak diperpanjang. Masjid diizinkan secara resmi melaksanakan salat Jumat dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Seperti diketahui PSBB di DKI Jakarta akan habis pada hari ini, 4 Juni 2020. PSBB ini merupakan kali ketiga yang ditetapkan oleh pemerintah DKI untuk memutus rantai penyebaran virus Corona.

JK mengatakan bahwa masjid diizinkan secara resmi melaksanakan salat Jumat dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

"Itu kenapa Bapak Presiden dan Gubernur dengan DMI sepakat untuk mulai Jumat ini masjid buka," kata Jusuf Kalla dalam video yang diterima Bisnis, usai meninjau penyemprotan disinfektan di Masjid Al Azhar, Jakarta, Rabu (3/6/2020).

JK mengatakan protokol kesehatan di rumah ibadah termasuk yang paling mudah dilakukan dibandingkan tempat umum lain seperti pasar dan mal.

Protokol kesehatan ini meliputi menjaga jarak minimal satu meter, memakai masker, dan mencuci tangan. Selain itu, jemaah juga wajib membawa sajadah sendiri.

JK menambahkan bahwa Presiden Jokowi akan mulai melaksanakan salat Jumat berjemaah di masjid Istana Negara pekan ini.

"Besok Presiden salat di [masjid] Istana," ujar JK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper