Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pilkada 2020, Kemendagri dan Pemda Memperkuat Sinergi

Pilkada serentak akan menggunakan protokol kesehatan pada setiap tahapan guna mencegah penyebaran virus Corona.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 02 Juni 2020  |  20:44 WIB
Tenaga relawan menunjukkan surat suara pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar yang telah disortir, di kantor KPU Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (13/6) - Antara
Tenaga relawan menunjukkan surat suara pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar yang telah disortir, di kantor KPU Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (13/6) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri menegaskan pemerintah daerah siap bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada Desember 2020 mendatang. 

Bahtiar, Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri menjelaskan bahwa pelaksanaan Pilkada tidak bisa ditunda, untuk menghindari kekosongan pimpinan pejabat di daerah.

“Tidak ada opsi lain, banyak jabatan yang akan berakhir pada Februari 2021, menunda Pilkada tentunya akan menghambat penyelenggaraan pemerintah daerah,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (02/06/2020). 

Bahtiar menegaskan pelaksanaan Pilkada serentak akan menggunakan protokol kesehatan pada setiap tahapan guna mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Pemerintah daerah pun diminta untuk menyesuaikan kondisi dan menciptakan tatanan normal baru yang produktif dan aman bagi masyarakat. 

Dia mengajak masyarakat untuk optimistis dapat menghadapi pandemi Covid-19. Kemendagri, jelasnya, juga telah menyusun buku pedoman manajemen penanganan Covid 19 dan dampaknya bagi Pemda.

Dia menyebutkan, Kemendagri juga akan melaksanakan kunjungan kerja ke beberapa daerah untuk memberikan semangat serta apresiasi terhadap inovasi Pemda yang telah bekerja keras menghadapi pandemi Covid-19 ini.

“Alhamdulillah di tengah Pandemi Covid-19, hubungan antara Pemerintah Pusat dan Daerah tetap terjaga, ini terlihat dari stabilitas negara yang harus tetap kita jaga,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendagri Virus Corona Pilkada 2020
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top