Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesepakatan Batal, Pendiri WeWork Gugat SoftBank

Pendiri WeWork Adam Neumann menggugat investor terbesar perusahaan, SoftBank Group Corp, atas keputusan pembatalan kesepakatan pembelian saham dari karyawan dan pemegang saham lainnya senilai US$3 miliar.
Presiden Softbank Corp Masayoshi Son berbicara selama konferensi pers di Tokyo 30 April 2013. REUTERS / Yuya Shino
Presiden Softbank Corp Masayoshi Son berbicara selama konferensi pers di Tokyo 30 April 2013. REUTERS / Yuya Shino

Bisnis.com, JAKARTA – Pendiri WeWork Adam Neumann menggugat investor terbesar perusahaan, SoftBank Group Corp, atas keputusan pembatalan kesepakatan pembelian saham dari karyawan dan pemegang saham lainnya senilai US$3 miliar.

Neumann mengklaim SoftBank dan Vision Fund secara sengaja mengingkari perjanjian untuk membeli saham karena posisi keuangan yang melemah, menurut salinan gugatan yang ditinjau oleh Bloomberg.

Chief legal officer SoftBank Rob Townsend mengatakan klaim tersebut tidak dalam pernyataan yang dikirim melalui email.

"Berdasarkan ketentuan perjanjian kami, yang ditandatangani Adam Neumann, SoftBank tidak memiliki kewajiban untuk menyelesaikan penawaran tender," kata Townsend, seperti dikutip Bloomberg.

Kesepakatan saham ini adalah bagian dari paket bailout dari SoftBank setelah penawaran umum perdana WeWork gagal tahun lalu. Neumann setuju untuk meninggalkan dewan direksi dan sebagai imbalannya akan dapat menjual saham senilai US$970 juta kepada SoftBank.

Rencana keluarnya Neumann membuat marah karyawan, ribuan di antaranya terancam kehilangan pekerjaan mereka. Keputusan SoftBank bulan lalu untuk membatalkan kesepakatan itu membuat kecewa sebagian staf yang sangat mengharapkan penjualan saham tersebut.

Dua direktur independen WeWork kemudian menggugat konglomerasi asal Jepang itu, dengan alasan SoftBank tidak mempertahankan kesepakatan. SoftBank menyebut gugatan itu sebagai penggunaan uang perusahaan yang tidak perlu dan pada saat itu mengatakan telah menantikan gugatan terpisah dari Neumann.

Seorang juru bicara Neumann mengatakan dia akan meminta pengadilan untuk mengkonsolidasikan kasusnya dengan tuntutan kedua direktur tersebut.

SoftBank mengatakan WeWork gagal memenuhi persyaratan khusus kesepakatan untuk bergerak, dengan alasan adanya masalah regulasi dan beberapa penyelidikan pemerintah terhadap perusahaan, termasuk dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS dan Departemen Kehakiman AS.

Dalam tuntutannya, Neumann meminta SoftBank memenuhi janjinya untuk membeli dan membayar ganti rugi atas kesalahan mereka. Belum ada hakim di Delaware yang ditugaskan untuk kasus ini, tetapi Ketua dewan Hakim Andre Bouchard mengawasi gugatan sebelumnya yang diajukan oleh direktur WeWork

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper