Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Joe Biden Bentuk Tim Penasihat untuk Cari Kandidat Wapres

Biden memprioritaskan wapresnya perempuan. Sejumlah nama pun tersebut: Kamala Harris, Amy Klobuchar dan Elizabeth Warren. 
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 30 April 2020  |  19:25 WIB
Mantan Wapres AS Joe Biden - Bloomberg
Mantan Wapres AS Joe Biden - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Bakal calon presiden AS dari partai Demokrat, Joe Biden resmi membentuk tim penasihat beranggotakan empat orang, Kamis (30/4/2020). Tim ini akan diberi kepercayaan memberi masukan kepada Biden guna mendapatkan calon wakil presiden (cawapres) pendamping yang ideal.

Tim penasihat tersebut beranggotakan Christopher Dodd, Lisa Blunt Rochester, Eric Garcetti dan Chintya Hogan.

Nama pertama, Dodd, adalah rekan satu partai Biden sekaligus eks Senator Connecticut. Blunt adalah bekas anggota parlemen dari Delaware, sedangkan Garcetti saat ini menjabat sebagai Wali Kota Los Angeles. 

Adapun nama terakhir, Hogan, merupakan bekas staf Biden saat menjabat sebagai Wapres era Obama. Dirinya saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Kebijakan dan Hubungan Pemerintah Apple Inc.

"Memilih calon wakil presiden adalah salah satu hal terpenting dalam kampanye ini dan tak ada yang lebih tahu siapa yang cocok kecuali Biden sendiri," ujar manajer kampanye Biden, Jen O'Malley Dillon seperti dilansir Bloomberg.

Dalam proses kerjanya, keempat penasihat Biden bakal berdiskusi pula dengan pihak perwakilan Demokrat dan petugas hukum terkait.

Sebelumnya Biden sendiri sempat mengatakan bahwa dirinya memprioritaskan kandidat cawapres perempuan. Biden juga sempat mengatakan bakal meminta nasihat dari Barrack Obama.

Sejauh ini setidaknya ada tiga nama terdepan yang masuk dalam radar Demokrat. Seluruhnya adalah senator yakni Kamala Harris (California), Amy Klobuchar (Minnesota) dan Elizabeth Warren (Massachusetts). 

Selain tiga nama tersebut, Biden secara terbuka juga telah menyatakan ketertarikan pada Gubernur Michigan Gretchen Whitmer, Mantan Deputi Kejaksaan Agung Sally Yates, serta politikus Demokrat Stacey Abrams.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

biden pilpres amerika Donald Trump
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top