Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Kim Jong Un, Akankah Korea Utara Dipimpin Tanpa Kim?

Spekulasi dan rumor tentang kesehatan Kim Jong-un mungkin tidak berarti apa-apa, tetapi pertanyaan tentang siapa yang mungkin menggantikannya dalam jangka pendek atau jangka panjang menjadi tanda tanya besar.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un/Reuters-KCNA
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un/Reuters-KCNA

Bisnis.com, JAKARTA - Spekulasi dan rumor tentang kesehatan Kim Jong-un mungkin tidak berarti apa-apa. Namun pertanyaan tentang siapa yang mungkin menggantikannya dalam jangka pendek atau jangka panjang menjadi tanda tanya besar.

Sebelumnya, BBC berbicara kepada para analis tentang para pesaing dan apakah sejarah ada di pihak mereka.

Seperti dikutip BBC, Rabu (29/4/2020), anggota laki-laki dari keluarga Kim telah bertanggung jawab atas Korea Utara sejak pendiriannya oleh Kim Il-sung pada 1948, dan mitologi keluarga ini berlaku luas di seluruh masyarakat.

Jadi bagaimana Anda bisa membayangkan Korea Utara tanpa figur simbolis dan politis di atas? Bagaimana para elite mengatur diri mereka sendiri, serta masyarakat secara keseluruhan?

Jawaban yang mudah adalah: kita tidak tahu. Lebih menarik lagi, mereka juga tidak tahu.

Selalu Ada Seorang Kim..

Ketika Kim Jong-un sedang dipersiapkan untuk kekuasaan, mereka bahkan mulai menggunakan istilah "Garis Darah Paektu" untuk membantu melegitimasi pemerintahannya.

Paektu adalah gunung suci dan mitologis di mana Kim Il-sung dikatakan telah mengobarkan perang gerilya dan Kim Jong-il lahir. Kim Jong-un selalu pergi ke sana ketika dia ingin menekankan keputusan kebijakan yang penting.

Selalu ada seorang Kim di jantung ideologis negara itu.

Seperti apa Korea Utara tanpa pewaris seperti itu? Kim Jong-un, 36, diyakini memiliki anak - tetapi masih terlalu muda. Diperkirakan dia memiliki tiga anak, yang tertua berumur 10 tahun. Kim Jong-un sendiri dianggap muda ketika dia berkuasa saat 27 tahun.

Sangat mungkin bahwa kepemimpinan kelompok akan muncul, mungkin seperti di Vietnam, yang sangat bergantung pada ajaran dan legitimasi pendiri untuk meningkatkan posisi mereka sendiri.

Pengamat dapat melacak siapa yang memegang posisi kunci tertentu dan dapat mengikuti berita dan sumber terbuka intelijen tentang lembaga-lembaga penting, tetapi tidak bisa benar-benar tahu bagaimana faksi berkembang. Atau siapa yang memegang kekuasaan melalui ikatan pribadi daripada ikatan kelembagaan.

Selain itu, kadang-kadang wakil atau wakil direktur memiliki kekuatan yang lebih nyata daripada kepala lembaga. Ini membuat semua prediksi menjadi sangat sulit.

Ada tiga Kim yang berpotensi terlibat dalam make-up politik Korea Utara jika Kim Jong-un menghilang.

Pertama, Kim Yo-jong, adik perempuan Kim Jong-un. Dia dikatakan telah menjadi favorit ayahnya yang berkomentar tentang prasyaratnya, minatnya dalam politik sejak usia muda.

Namun dia tidak berada di atas penurunan pangkat sementara setelah pertemuan puncak Hanoi--konon karena kegagalannya meskipun ini tidak akan pernah dikonfirmasi.

Dia tidak duduk di badan pembuat kebijakan teratas, Komisi Urusan Negara. Namun merupakan anggota pengganti Politbiro dan wakil direktur Departemen Propaganda dan Agitasi (PAD) dari Partai Buruh Korea.

Dia seorang wanita, dan ini membuatnya sulit membayangkan dia menduduki posisi teratas di negara yang sangat patriarkal.

Kedua adalah Kim Jong-chul. Dia adalah kakak laki-laki Kim Jong-un, tetapi tidak pernah tampak tertarik dengan politik atau kekuasaan. Paling-paling, dia bisa menjadi penghubung simbolis dengan keluarga Kim.

Ketiga, Kim Pyong-il, saudara tiri Kim Jong-il. Dia gagal dan dikesampingkan oleh Kim Jong-il saat dia naik. Kim Pyong-il dikirim ke Eropa pada 1979, dia telah mengadakan berbagai duta besar, kembali ke Korea Utara hanya tahun lalu.

Berarti sangat tidak mungkin dia memiliki jaringan untuk menjadi pemain sentral dalam politik elite di Pyongyang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Andya Dhyaksa
Sumber : BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper