Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Budi Karya: Pak Luhut Luar Biasa, Permenhub Hampir Tak Ada Cacat

Saat menjalani perawatan, posisi Budi Karya digantikan oleh Menteri Perhubungan Ad Interim yang juga Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 27 April 2020  |  17:34 WIB
Menhub Budi Karya saat diwawancarai wartawan terkait evalusi mudik 2019 - Rinaldi Mohammad Azkq
Menhub Budi Karya saat diwawancarai wartawan terkait evalusi mudik 2019 - Rinaldi Mohammad Azkq

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akhirnya kembali mengikuti rapat kabinet setelah absen lebih dari sebulan lantaran harus menjalani perawatan intensif setelah dinyatakan positif terpapar virus corona atau Covid-19 pada 14 Maret 2020.

Dalam kesempatan itu, Menhub memuji Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang untuk sementara mengisi posisinya sebagai Menteri Perhubungan Ad Interim.

Menurutnya, Luhut mampu mengarahkan pihak terkait di Kemenhub dalam penyusunan Peraturan Menteri Keuangan (Permenhub) untuk penanganan Covid-19.

"Untuk jadikan ini lebih terkoordinasi, Menko mengumpulkan Kadishub dan stakeholder untuk memberi arahan. Pak Luhut Luar biasa. Dari permenhub yang dibuat hampir tidak ada cacat," jelasnya.

Menhub Budi Karya mengaku terus mengikuti perkembangan kebijakan pemerintah untuk menghadapi pandemi virus corona atau Covid-19 kendati lebih dari sebulan menjalani perawtan intensif.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo telah membuat sebuah langkah yang tepat untuk penanganan Covid-19. Dia pun mengaku terlibat dalam pembahasan Peraturan Menteri Perhubungan atau permenhub untuk antisipasi Covid-19.

"Saya tidak ikut [rapat] tetapi saya minta bahan dan ikut bahas Permenhub. Kemenhub diperintahkan untuk mengatur tindak lanjut penanganan Covid-19 dan larangan mudik. Jadi, kami buat 2 aturan Permenhub," ujarnya di sela-sela rapat yang disiarkan langsung via media sosial, Senin (27/4/2020).

Adapun dalam rapat kabinet itu, Budi Karya mengaku rindu dengan para koleganya. Dia pun mengakui bahwa mendapatkan dukungan yang besar dari para kerabatnya tersebut selama menjalani perawatan.

"Saya kangen sekali dengan semuanya sebab satu bulan ga ketemu. Saya dapat kolase lagu dan saya terharu karena dukungan tersebut," ujar Budi Karya.

Kabar keikutsertaan mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu dalam rapat kabinet sebelumnya telah diungkapkan Menteri Sosial Juliari BatubaraDia pun mengakui itu merupakan pertama kalinya Menhub kembali mengikuti rapat kabinet.

"Ini kami masih rapat internal. Semoga beliau [Menhub] sehat terus," kata Mensos kepada para jurnalis, Senin (27/4/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Budi Karya Sumadi Virus Corona Luhut Pandjaitan covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top