Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Aktivitas Hari Pertama Menhub Budi Karya Setelah Sembuh Covid-19

Setelah dinyatakan positif virus corona atau Covid-19, kondisi Budi Karya memang berangsur membaik.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan rapat kerja dengan Komisi V di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2019)./ANTARA-Muhammad Iqbal
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan rapat kerja dengan Komisi V di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2019)./ANTARA-Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akhirnya kembali mengikuti rapat kabinet setelah absen lebih dari sebulan lantaran harus menjalani perawatan intensif setelah dinyatakan positif terpapar virus corona atau Covid-19 pada 14 Maret 2020.

Menteri Sosial Juliari Batubara menceritakan aktivitas mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) seusai sembuh atau dinyatakan negatif Covid-19. Dia mengakui itu merupakan pertama kalinya Menhub kembali mengikuti rapat kabinet.

"Ini kami masih rapat internal. Semoga beliau [Menhub] sehat terus," kata Mensos kepada para jurnalis, Senin (27/4/2020).

Setelah dinyatakan positif virus tersebut, kondisi Budi Karya memang berangsur membaik. Pada akhir Maret 2020 lalu beredar video blog singkat yang disebarkan pertama kali oleh Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi.

Video itu berisi percakapan antara Menhub dengan dokter rehabilitasi mediknya. Menhub terbaring di ruang isolasi dengan menggunakan masker bersama dr. Kapten Maulidi Abdillah sebagai dokter rehab medik yang menggunakan alat pelindung diri lengkap.

"Dokter Maulidi top banget, fisioterapisnya top. Alhamdulillah wasyukurilah, lawan Covid," kata Budi sambil sesekali mengacungkan ibu jarinya dalam video yang diterima Bisnis.com, Selasa (31/3/2020).

Menhub juga menyampaikan kesan dan pesan selama dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Keduanya, bahkan berjanji untuk ngopi bareng atau minum kopi santai di salah satu kedai yang cukup dikenal di Palembang.

"[Selama] dirawat, RSPAD oke banget. Orangnya kompeten berdedikasi dan kerjanya tekun membantu pasien. Lawan Covid-19, harus menang," tutur Budi.

Kondisi Budi Karya yang terus membaik itu juga dikabarkan Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati. Bahkan dia menyebut Menhub masih sempat berkomunikasi dengan dirinya melalui WhatsApp.

"Pak Budi Karya kondisinya semakin membaik, saat ini beliau masih dirawat di RSPAD," jelasnya, Minggu (5/4/2020).

Pada pekan lalu, Menhub sudah dikabarkan siap untuk segera kembali menjalankan tugas dan pekerjaannya. Kabar itu datang langsung dari Menteri Perhubungan Ad Interim sekaligus Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Saya ingin informasikan pak Budi Karya Sumadi [Menhub non-aktif] sudah mulai sehat dan komunikasi dengan kami, secara bertahap sudah berkomunikasi dengan pejabat eselon satu Kemenhub," ujarnya dalam video konferensi bersama DPR, Selasa (21/4/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper